Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

4 Jemaah Calon Haji Asal Banyumas Tunda Keberangkatan ke Tanah Suci

Senin, 13 Mei 2024 – 10:16 WIB
4 Jemaah Calon Haji Asal Banyumas Tunda Keberangkatan ke Tanah Suci - JPNN.COM
Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banyumas Purwanto Hendro Puspito. ANTARA/Sumarwoto

jpnn.com - PURWOKERTO - Sebanyak empat jemaah calon haji asal Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, terpaksa menunda keberangkatannya ke Tanah Suci pada 2024.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Banyumas Purwanto Hendro Puspito mengatakan empat calon haji yang keberangkatannya ditunda hingga tahun depan ini merupakan dua pasangan suami istri yang tergabung dalam kloter (kelompok terbang) 20 Embarkasi SOC (Solo).

"Kebetulan suaminya sakit dan dinyatakan belum layak terbang, sehingga istrinya harus menemani," kata Purwanto di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin (13/5).

Oleh karena itu, lanjut dia, Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Tengah menggeser empat calon haji asal Banyumas yang sebelumnya tergabung dalam Kloter 100 (kloter terakhir) untuk menggantikan empat orang calon haji yang menunda keberangkatannya.

Menurut dia, empat orang calon haji yang berasal dari Kloter 100 itu juga merupakan pasangan suami istri.

"Tadinya, cadangan naik, kita ada 59 orang (berstatus cadangan untuk mengisi sisa kuota yang kosong akibat adanya jemaah yang batal berangkat), ada empat orang yang belum dapat kloter yang tergabung dengan jemaah calon haji asal Banyumas, sehingga masuk kloter 100. Namun, karena ada yang menunda keberangkatannya, empat orang dari kloter 100 itu digeser ke kloter 20," jelasnya.

Purwanto mengatakan jemaah calon haji asal Kabupaten Banyumas akan diberangkatkan dari Gelanggang Olahraga (GOR) Satria Purwokerto menuju Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Rabu (15/5).

Dalam hal ini, kata dia, 128 orang calon haji yang tergabung dalam kloter 17 SOC akan diberangkatkan pada pukul 00.00 WIB dari dua lokasi, yakni 30 orang berangkat dari GOR Satria dengan menggunakan satu unit bus dan 98 orang berangkat dari Kantor Kecamatan Sumpiuh dengan menggunakan tiga unit bus.

Sebanyak empat calon haji asal Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menunda keberangkatan ke Tanah Suci. Ini sebabnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close