Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

4 Kiat Sukses Kembali Olahraga Rutin setelah Liburan

Minggu, 08 September 2019 – 13:38 WIB
4 Kiat Sukses Kembali Olahraga Rutin setelah Liburan - JPNN.COM
Warga berolahraga. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/NZ

jpnn.com - Liburan menjadi momen yang umumnya digunakan untuk pesta pora guna melupakan segala hal-hal yang mengganjal di pikiran. Tak jarang, liburan juga menjadi ajang untuk melupakan gaya hidup sehat, tak terkecuali tentang kegiatan olahraga yang biasa Anda lakukan secara rutin sebelumnya.

Jangan terjebak dan tinggal diam. Anda mesti memupuk semangat untuk kembali menerapkan gaya hidup sehat, termasuk menjalankan olahraga yang sebelumnya menjadi rutinitas.

Nah, supaya Anda bisa kembali semangat untuk berolahraga secara rutin seperti sebelumnya, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:

1. Mulailah dengan olahraga ringan dan menyenangkan
Jika Anda sudah tidak berolahraga dalam waktu lama, langkah awal yang perlu dilakukan agar kembali semangat adalah memilih jenis olahraga yang ringan dan membuat Anda senang saat melakoninya.

Berenang, jogging, atau berlari di sekitar lingkungan rumah bisa Anda jadikan pilihan. Agar tidak mudah bosan, tingkatkan intensitas olahraga yang dilakukan secara bertahap hingga Anda mencapai “batas” ketahanan tubuh seperti sebelumnya.

Sebagai contoh, jika sebelum liburan Anda dapat berlari selama 20 menit, maka Anda dapat mulai berlari selama 10 menit untuk tahap awal. Lalu Anda tingkatkan secara bertahap hingga sampai pada intensitas olahraga yang dilakukan sebelum berlibur.

2. Buatlah jadwal
Menentukan jadwal dapat memotivasi Anda agar tidak menunda untuk kembali olahraga setelah liburan. Karenanya, tentukan waktu di mana Anda bisa sepenuhnya berolahraga. Pastikan waktu yang dipilih tidak bertabrakan dengan kesibukan, agar Anda bisa lebih leluasa mengatur jadwal olahraga yang hendak dilakukan.

3. Terapkan pola makan sehat
Guna memotivasi Anda untuk kembali menerapkan gaya hidup sehat dan aktif, iringi menu sehari-hari dengan asupan yang sehat dan bergizi seimbang. Konsumsilah makanan yang rendah lemak trans, rendah garam, dan tinggi serat.

Tak jarang, liburan juga menjadi ajang untuk melupakan gaya hidup sehat, tak terkecuali tentang kegiatan olahraga yang biasa Anda lakukan secara rutin sebelumnya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close