Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

4 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

Senin, 18 Februari 2019 – 20:09 WIB
4 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan - JPNN.COM
Rumput laut yang sedang dijemur. Foto Yessy Artada

jpnn.com - Rumput laut merupakan salah satu makanan sehat yang kerap diabaikan keberadaannya. Selama ini masyarakat lebih mengenalnya sebagai bumbu pelengkap. Padahal, kandungan gizi di dalamnya mampu menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berdasarkan penjelasan dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, rumput lautadalah bagian dari kelompok alga yang tumbuh di laut, sungai, dan danau. Jenis yang biasa dimakan umumnya berasal dari laut, karena mayoritas yang tumbuh di air tawar mengandung racun.

“Beberapa jenis rumput laut yang umum dikonsumsi, antara lain nori yang biasa digunakan pada hidangan sushi, dan kombu sebagai bahan kaldu alami. Selain itu ada pula wakame yang biasa ditemukan dalam sajian salad dan sup,” ujar dr. Astrid.

Lebih lanjut, dr. Astrid menjelaskan bahwa rumput laut mengandung lebih banyak gizi dibandingkan makanan lain kebanyakan. Inilah mengapa, rumput laut sering juga disebut sebagai sayuran super.

Beberapa fakta terkait manfaat kesehatan rumput laut adalah sebagai berikut:

1.Mengoptimalkan kinerja kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid melepaskan hormon untuk membantu mengendalikan pertumbuhan, produksi energi, reproduksi, dan perbaikan sel-sel yang rusak pada tubuh. Proses tersebut membutuhkan sejumlah yodium, yang bisa Anda temukan pada rumput laut.

Kandungan yodium rata-rata dari tiga jenis rumput laut, yaitu:

Selama ini masyarakat lebih mengenal rumput laut sebagai bumbu pelengkap. Padahal, kandungan gizi di dalamnya mampu menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close