Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

4 Prioritas Kemenristek di 2021 untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Jumat, 27 November 2020 – 20:18 WIB
4 Prioritas Kemenristek di 2021 untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional - JPNN.COM
Menristek BRIN Bambang Brodjonegoro. Foto humas Kemenristek/BRIN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan pembangunan ekosistem riset dan inovasi merupakan fokus program kementeriannya di 2021.

Hal itu sebagai upaya pemerintah mengubah paradigma dari ekonomi yang berbasis sumber daya alam (SDA), menjadi ekonomi berbasis inovasi untuk mencapai visi Indonesia menjadi negara maju pada 2045.

"Kemenristek/BRIN telah merumuskan langkah-langkah yang harus ditetapkan selama setahun ke depan. Kami juga telah merumuskan kerangka program pembangunan iptek untuk peningkatan kapasitas iptek dan penciptaan inovasi," kata Bambang saat memberikan sambutan pada pembukaan Rakernas Kemenristek/BRIN 2020 di Jakarta Jumat (27/11).

Menteri Bambang menyampaikan empat topik utama yang dibahas untuk memperkuat ekosistem riset dan inovasi nasional. Pertama, penciptaan ekosistem inovasi yang mendorong komersialisasi hasil riset melalui penguatan kerja sama triple helix.

Kedua, peningkatan kualitas belanja litbang melalui koordinasi BRIN) untuk menghasilkan invensi dan inovasi, penguatan pendataan dan fasilitasi pendanaan alternatif dari luar pemerintah, serta pemberian insentif fiskal untuk litbangjirap.

Ketiga, pengembangan research power-house yang mencakup peningkatan kuantitas dan kapabilitas SDM iptek, pengembangan dan penguatan infrastruktur litbang strategis, penguatan pusat unggulan Iptek, pengelolaan data kekayaan hayati dan kekayaan intelektual, serta pengembangan jaringan kerja sama riset dalam dan luar negeri.

Keempat, peningkatan kontribusi Iptek sebagai penghela pembangunan ekonomi yang berkelanjutan yakni untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi 5,4-6 persen pada 2024.

Dia menjelaskan, untuk menyelaraskan riset inovasi dengan kebutuhan pembangunan, Rencana Induk Riset Nasional (RIRN) Tahun 2017-2045 menjadi semakin penting.

Empat program prioritas ini menjadi pembahasan dalam Rakernas Kemenristek/BRIN tahun 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close