Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

4.082,8 Hektare Lahan dan Hutan di Sumsel Terbakar

Senin, 18 September 2023 – 18:51 WIB
4.082,8 Hektare Lahan dan Hutan di Sumsel Terbakar - JPNN.COM
Petugas dari Manggala Agni berupaya memadamkan kebakaran hutan dan lahan di OKI. Foto: Dokumen Manggala Agni.

jpnn.com - PALEMBANG - Balai Pengendalian Perubahan Iklim Wilayah Sumatra mencatat luas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera Selatan mencapai  4.082,8 hektare. Perinciannya, 2,947,8 lahan mineral dan 1.135,0 lahan gambut.

"Jadi, berdasarkan hasil citra satelit, sepanjang Januari hingga Agustus 2023 setidaknya sudah ada 4.082,8 hektare lahan yang terbakar di Sumsel," ujar Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim Wilayah Sumatera Ferdian Krisnanto saat diwawancarai via WhatsApp, Senin (18/9).

Ferdian menjelaskan bahwa sebelumnya Gubernur Sumsel Herman Deru sudah menetapkan status siaga karhutla sejak Maret 2023 lalu.

"Dari awal tahun kami juga sudah mengantisipasi, mulai dari kegiatan pencegahan bersama masyarakat di desa-desa yang rawan karhutla, patroli, serta pembukaan posko-posko kebakaran," papar Ferdian.

Dia menambahkan bahwa pihaknya sudah mengerahkan 240 personel dari Manggala Agni ke daerah rawan karhutla.  Menurut dia, 10 hari lalu pihaknya juga mengirimkan 45 personel tambahan untuk bawah kendali operasi (BKO) dari Jambi bergabung memadamkan api karhutla di Ogan Komering Ilir. "Karena Kabupaten OKI paling luas terjadi karhutla," tegas Ferdian.

Dia mengungkap ada 2.625,0 hektare luas lahan yang terbakar di Kabupaten OKI.

Perinciannya, 1.639,1 hektare lahan mineral dan 985,9 hektare lahan gambut.

Menurut Ferdian, meluasnya karhutla di OKI dikarenakan hari tanpa hujan (HTH) yang sudah berlangsung lebih dari 60 hari.

Balai Pengendalian Perubahan Iklim Wilayah Sumatra mencatat 4.082,8 hektare lahan terbakar di Sumsel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close