Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

5 Cara Alami Mengatasi Kaki Pecah-pecah

Senin, 28 Oktober 2019 – 22:55 WIB
5 Cara Alami Mengatasi Kaki Pecah-pecah - JPNN.COM
Ilustrasi kaki. Foto : Pixabay

jpnn.com - Banyak orang yang mengabaikan kulit kaki pecah-pecah. Padahal, tak sekadar mengurangi estetika, kaki pecah-pecah yang tidak diatasi bikin tak nyaman saat bertelanjang kaki. Dalam beberapa kasus, retakan pada tumit bisa menjadi luka yang dalam dan menyebabkan rasa sakit.

Selain dengan obat-obatan, ada beberapa cara alami untuk mengatasi kaki pecah-pecah.

Berdasarkan penjelasan dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, MSc, dari KlikDokter, kulit pecah-pecah pada tumit dan telapak kaki dapat diakibatkan oleh beberapa hal, seperti kulit kaki kering serta  infeksi bakteri maupun jamur.

“Seiring pertambahan usia, beberapa perubahan pada struktur kulit dapat terjadi. Kulit pun menjadi cenderung lebih kering dan kurang elastis. Berbagai bahan iritan dapat juga mengiritasi kulit. Akumulasi dari pajanan bahan-bahan itu dapat menyebabkan kulit menebal, kering, retak, bahkan menimbulkan luka,” kata dr. Nitish.

Karena disebabkan banyak hal itu, menurut dr. Nitish, diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter untuk menentukan penyebab dan pengobatan yang tepat.

Cara alami mengatasi kaki pecah-pecah

Anda tentu tidak nyaman dengan kondisi kaki pecah-pecah, bukan? Sebelum buru-buru ke dokter, berikut beberapa cara alami yang aman untuk mengatasi kaki pecah-pecah:

1. Madu 

Padahal, tak sekadar mengurangi estetika, kaki pecah-pecah yang tidak diatasi bikin tak nyaman saat bertelanjang kaki.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close