Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

5 Gejala Diabetes Tahap Awal yang Sering Diabaikan

Rabu, 04 Desember 2019 – 05:03 WIB
5 Gejala Diabetes Tahap Awal yang Sering Diabaikan - JPNN.COM
Diabetes. Ilustrasi. Foto Healthaim

jpnn.com - Dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter menuturkan, diabetes adalah penyakit yang sering hadir tanpa disadari. Penyakit ini bahkan memiliki julukan the silent killer alias pembunuh dalam senyap lantaran gejala yang samar-samar.

“Tidak jarang, penderita baru memeriksakan diri ke dokter ketika sudah terjadi beberapa komplikasi sekaligus, seperti gangguan ginjal, gangguan saraf, masalah pembekuan darah dan lainnya,” ungkap dr. Sepri. 

Berangkat dari hal tersebut, mengidentifikasi gejala diabetes tahap awal adalah tindakan yang wajib dilakukan setiap orang. Semakin dini dideteksi, semakin optimal pula proses pengobatan sehingga kemungkinan komplikasi bisa diminimalkan.

Gejala diabetes tahap awal

Diabetes adalah penyakit metabolik yang terjadi akibat tubuh tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup. Sebagai akibatnya, kadar gula darah mudah melonjak. Jika terjadi berkelanjutan, gula darah tinggi yang tidak terkendali bisa berujung pada terjadinya komplikasi.

Supaya lebih siaga dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut ini adalah gejala diabetes tahap awal yang mesti Anda waspadai mulai saat ini:

1. Mudah lapar

Menurut dr. Sepri, mudah lapar atau polifagia adalah gejala diabetes tahap awal yang paling umum ditemukan. Pada kondisi ini, penderita diabetes akan sangat mudah merasa lapar sekalipun sudah makan dengan teratur.

Diabetes adalah penyakit yang sering hadir tanpa disadari. Penyakit ini bahkan memiliki julukan the silent killer alias pembunuh dalam senyap lantaran gejala yang samar-samar.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close