Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

5 Isu yang Perlu Diketahui Mengenai Papua Barat

Senin, 20 Juli 2015 – 07:25 WIB
5 Isu yang Perlu Diketahui Mengenai Papua Barat - JPNN.COM

PERTEMUAN Melanesia Spearhead Grup (MSG) beberapa waktu lalu menerima kehadiran Indonesia sebagai anggota. Pada saat yang sama Kelompok Pembebasan Papua Barat juga diterima namun dengan status sebagai pengamat. Jadi apa yang terjadi dengan adanya perkembangan baru tersebut?

Papua Barat sekarang adalah nama yang digunakan oleh para pendukung kemerdekaan wilayah tersebut guna menyebut dua provinsi ujung timur Indonesia yang berbatasan dengan Papua Nugini.

Secara administratif kawasan pegunungan ini terdiri dari Provinsi Papua dan Papua Barat dan menjadi rumah bagi sekitar 250 suku dari golongan etnis Melanesia.

Gerakan separatis di Papua Barat masih menjadi isu sensitif bagi Indonesia. Berikut lima hal yang perlu anda ketahui untuk melihat apa yang terjadi di kawasan tersebut.

Melihat kembali sejarah Papua Bara​t

Daerah bekas jajahan Belanda, yang sebelumnya disebut sebagai Irian Jaya, sebenarnya bersiap untuk memerdekakan diri sebelum Indonesia menyebut bagian ini sebagai wilayahnya di tahun 1962.

Papua Barat secara resmi dinyatakan sebagai wilayah Indonesia setelah adanya Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) di tahun 1969 - sebuah referendum yang diawasi pelaksanaannya oleh PBB.

Ketika itu, sekitar 1.026 warga Papua dipilih sebagai perwakilan untuk menentukan apakah wilayah itu akan tetap bersama Republik Indonesia.

PERTEMUAN Melanesia Spearhead Grup (MSG) beberapa waktu lalu menerima kehadiran Indonesia sebagai anggota. Pada saat yang sama Kelompok Pembebasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA