Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

5 Kecamatan di Pidie Aceh Dilanda Banjir

Sabtu, 27 Januari 2024 – 20:35 WIB
5 Kecamatan di Pidie Aceh Dilanda Banjir - JPNN.COM
Kondisi kayu terbawa banjir di kawasan Pidie, Kamis (25/1/2024) (ANTARA/HO/Warga)

jpnn.com - BANDA ACEH - Sebanyak lima kecamatan di Kabupaten Pidie, Aceh, dilanda banjir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie menyatakan banjir itu terjadi akibat hujan deras yang melanda kawasan tersebut.

“Pidie sudah diguyur hujan sejak Kamis (25/1), dan membuat lima kecamatan terendam banjir," kata Kepala Pelaksana BPBD Pidie Muhammad Rabiul di Pidie, Sabtu (27/1).

Rabiul menyebutkan adapun wilayah yang tergenang banjir, yakni Gampong Jijiem Kecamatan Keumala, Gampong Pante Garot Kecamatan Indra Jaya, Gampong Dayah Meunara Kecamatan Titeu, Gampong Baro Kecamatan Pidie. "Kemudian di wilayah Kecamatan Padang Tiji ada belasan gampong yang mengalami banjir dan tergenang air," ungkapnya.

Rabiul mengatakan bahwa saat ini air sudah mulai surut, tetapi anggota BPBD masih melakukan pemantauan dan update informasi terbaru di lapangan.

Dia mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan saluran dan badan air lainnya, seperti pembuang utama, sehingga ketika terjadi banjir bisa mempercepat proses penguraian genangan di permukiman.

“Kami juga mengharapkan camat untuk melaporkan setiap kejadian bencana dengan cepat ke Pusdalops BPBD Pidie,“ kata Rabiul.

Camat Padang Tiji Asriadi mengatakan banjir di wilayahnya terjadi sejak Kamis lalu karena curah hujan tinggi, sehingga meluapnya air Krueng Paloh dan merendam rumah warga setempat.

“Ketinggian air mencapai hingga 100 sentimeter di atas badan jalan, dan 50 sentimeter masuk ke rumah warga,” katanya.

BPBD Kabupaten Pidie, Aceh, menyatakan bahwa lima kecamatan di daerah itu terendam banjir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close