Alexa Analytics
Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

5 Kondisi Khusus ini Perlu Waspada Saat Minum Teh Hijau

Senin, 22 Juni 2020 – 09:10 WIB
5 Kondisi Khusus ini Perlu Waspada Saat Minum Teh Hijau - JPNN.COM
Teh hijau. Foto: Health

jpnn.com - Teh merupakan salah satu minuman paling populer di dunia. Minuman yang berasal dari tanaman Camellia sinensis ini memiliki beberapa jenis, seperti teh hijau, teh hitam, atau teh Oolong.

Di antara semua jenis teh, efek yang paling signifikan terhadap kesehatan manusia ditemukan di teh hijau.

Cara Konsumsi Teh Hijau yang Tepat untuk Diet

Teh hijau umumnya dikonsumsi dengan cara diseduh dan disajikan dalam sebuah cangkir. Namun, jangan sembarangan mengonsumsinya.

Anda perlu tahu beberapa cara tepat mengonsumsi teh hijau, terutama bila ingin memperoleh manfaat teh hijau untuk menurunkan berat badan.

Belum ada penelitian yang menyatakan secara spesifik mengenai dosis berbahaya konsumsi teh hijau untuk menurunkan berat badan. Secara umum, mengonsumsi teh hijau sebanyak dua cangkir setiap hari, masih tergolong dalam dosis aman.

Namun, bila Anda memiliki kondisi khusus sebagai berikut, berikan perhatian lebih besar terhadap konsumsi teh hijau:

  1. Teh hijau sebaiknya tidak dikonsumsi oleh pasien yang memiliki masalah jantung dan pembuluh darah berat. Kafein adalah zat yang mampu meningkatkan detak jantung.
  2. Wanita hamil dan menyusui sebaiknya tidak mengkonsumsi lebih dari 1 atau 2 cangkir teh hijau setiap hari. Hal ini juga terkait dengan kandungan kafein pada teh hijau.
  3. Bila Anda mengonsumsi obat diuretik untuk mengobati penyakit darah tinggi, maka waspadai efek kafein yang dapat menambah efek diuresis.
  4. Waspadalah bila Anda memiliki penyakit gagal ginjal. Beberapa studi mengungkapkan kapasitas tanaman teh untuk mengakumulasi aluminium dalam jumlah tinggi di tubuh.
  5. Penderita penyakit anemia dengan kekurangan zat besi juga harus mengurangi konsumsi teh hijau. Sebab, teh hijau akan sangat menurunkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi dari makanan. 

Demikianlah pembahasan seputar manfaat teh hijau untuk menurunkan berat badan. Teh hijau sebagai penurun berat badan sepertinya menunjukkan potensi yang meyakinkan, dan harapannya semakin banyak studi yang mendukung hal ini.

Sumber klikdokter

BERITA LAINNYA