Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

5 Langkah Mudah Cek Ban Jika mudik dengan Mobil Pribadi

Rabu, 27 April 2022 – 00:37 WIB
5 Langkah Mudah Cek Ban Jika mudik dengan Mobil Pribadi - JPNN.COM
Pengecekan tekanan angin pada ban mobil.Foto : Michelin

jpnn.com, JAKARTA - Selain fisik harus tetap prima, kondisi kendaraan juga perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan mudik.

Salah satu yang penting untuk dilakukan pengecekan secara rutin ialah ban.

Sebab, komponen tersebut lagsung bersentuhan dengan permukaan jalan.

Customer Engineering Support PT Michelin Indonesia Fachrul Rozi mengatakan ban merupakan salah satu komponen penentu dalam keselamatan berkendara dengan berbagai fungsinya, seperti untuk menahan beban, meredam guncangan, dan menjaga stabilitas kendaraan.

"Kondisi ban sangat mempengaruhi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara," kata Fachrul melalui siaran persnya, Selasa (26/4).

Menyambut momen Lebaran 2022, produsen ban asal Perancis Michelin membagikan lima hal yang harus dipersiapkan oleh para pemudik terkait kondisi ban sebelum melakukan perjalanan.

1. Memperhatikan kembang dan tapak ban

Kembangan alur dan ketebalan tapak ban berfungsi untuk menjaga daya cengkram ban saat melaju di jalan raya, terutama saat kondisi jalan basah atau hujan.

Ban yang sudah menipis dan mendekati indikator ketebalan (thread wear indicator/TWI) berpotensi menyebabkan kendaraan tergelincir atau aquaplanning saat melaju pada kondisi permukaan jalan yang basah.

Pemudik harus melakukan pengecekan ban secara rutin sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran.Sebab, komponen tersebut langsung bersentuhan dengan jalan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close