Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

5 Penyakit Kronis yang Bisa Timbul Minggu Pertama Lebaran

Kamis, 11 April 2024 – 09:21 WIB
5 Penyakit Kronis yang Bisa Timbul Minggu Pertama Lebaran - JPNN.COM
Ilustrasi - Lima penyakit kronis ini bisa timbul pada minggu pertama lebaran karena tidak dikontrol saat berpuasa. Ilustrator: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Lima penyakit kronis bisa timbul kembali pada minggu pertama lebaran karena tidak dikontrol seperti saat berpuasa.

Menurut Guru Besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RS Cipto Mangunkusumo Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, masyarakat harus mewaspadai kelima penyakit kronis dimaksud.

Yakni, tekanan darah yang tidak terkontrol, kolesterol yang meningkat, asam urat, kencing manis karena gula darah berlebih dan sakit maag yang bisa kambuh.

“Bisa saja kambuh dalam sehari dua hari saat lebaran, oleh karena itu harus diantisipasi supaya penyakit kronis ini tidak kambuh," ujar Ari dalam keterangannya, Kamis (11/4).

Dia mengatakan penyakit kronis seharusnya bisa terkontrol karena berpuasa, yang mengharuskan seseorang makan di jam teratur dan mengurangi kebiasaan makan berlebihan.

Sebagian besar pasien pun menurutnya mengalami perbaikan pada penyakit maag karena berpuasa.

Untuk mencegah penyakit tersebut kambuh, Ari menyarankan untuk pandai memilih makanan yang dihidangkan saat lebaran dan jangan mengonsumsinya secara berlebihan seperti menghindari makanan yang terlalu asin.

“Di satu sisi saya ingatkan harus tetap mengonsumsi sayur dan buah karena ini bisa mengurangi penyerapan kolesterol di usus halus. Selain itu serat dari sayur dan buah ini bisa membuat buang air besar lancar," ucapnya.

Lima penyakit kronis ini bisa timbul pada minggu pertama lebaran karena tidak dikontrol saat berpuasa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close