Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

5 Tips Strength Training Agar Performa Lari Lebih Maksimal

Selasa, 23 Juli 2024 – 14:10 WIB
5 Tips Strength Training Agar Performa Lari Lebih Maksimal - JPNN.COM
Pelari berlatih dalam Road to Maybank Marathon 2024 di kawasan Sudirman, Jakarta. Foto source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Maybank Marathon 2024, ajang kompetisi lari tahunan berpredikat Elite Label Road Race dari World Athletics bakal digelar pada 25 Agustus 2024 di Bali United Training Center, Gianyar, Bali.

“Ajang lomba lari merupakan sebuah perjalanan transformatif untuk melangkah maju dan mengeksplorasi potensi dalam diri. Oleh karena itu, program latihan yang tepat dan menyeluruh merupakan kunci untuk memberikan kemampuan terbaik dalam mencapai garis akhir," tutur Widya Permana, Project Director Maybank Marathon.

Panitia Maybank Marathon mengimbau agar peserta lari menyiapkan diri sebaik mungkin sebelum berlaga di ajang Maybank Marathon 2024 di Bali United Training Center.

Jelang perlombaan, para peserta dihadapkan pada berbagai persiapan khusus, termasuk strength training untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Selama musim kompetisi lari disarankan melakukan sesi strength training seminggu sekali demi menjaga kualitas kekuatan.

Strength training merupakan salah satu bagian penting untuk mendorong performa lari semakin maksimal.

“Lari lebih dari sekedar olahraga. Di setiap kilometernya menjadi kesempatan untuk mengukur dan menguji ketahanan, sekaligus mengapresiasi diri atas pencapaian yang telah diraih sedikit demi sedikit. Hal ini tentunya memerlukan persiapan yang matang, baik fisik maupun mental," ujar Nurshodiq, Pemenang Maybank Marathon 2023 Kategori Nasional Pria.

"Di tengah kompleksnya program latihan, mulai dari teknik berlari hingga pernapasan, strength training juga perlu dilakukan. Dengan adanya latihan ini, pelari dapat mencegah cedera dengan meningkatkan kesiapan otot serta koordinasi tubuh, dan mendorong efisiensi langkah saat harus berlari dengan jarak yang cukup jauh," imbuhnya.

Selama musim kompetisi lari disarankan melakukan sesi strength training seminggu sekali demi menjaga kualitas kekuatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA