Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

50 Ribu PCR Kit Tiba di Jateng, Ganjar Minta Warga tak Perlu Waswas Lagi

Minggu, 26 April 2020 – 12:34 WIB
50 Ribu PCR Kit Tiba di Jateng, Ganjar Minta Warga tak Perlu Waswas Lagi - JPNN.COM
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Ist

jpnn.com, SEMARANG - Pemprov Jateng menerima bantuan 50.000 PCR Kit reagen atau primer yang digunakan untuk tes swab covid-19 dari pemerintah pusat.

Bantuan reagen tersebut tiba di Jawa Tengah, Minggu (26/4) pagi dan diterima langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di rumah dinasnya.

Bantuan reagen, RNA kit dan VTM dari pusat itu langsung diserahkan Ganjar pada laboratorium tes PCR yang telah ditunjuk pemerintah melakukan tes swab di Jateng.

"Persoalan yang selama ini muncul memang ini, reagen atau primer ini yang paling utama. Selama ini kami nyarinya sulit, alhamdulillah negara bertindak cepat dengan mengimpor cukup banyak reagen untuk dibagikan kepada seluruh Indonesia," kata Ganjar.

Dari 50.000 paket reagen yang diterima, Ganjar langsung membagikannya kepada enam laboratorium yang telah ditunjuk pemerintah sebagai tempat tes swab di Jateng.

Keenam laboratorium itu adalah laboratorium RSUP Kariadi Semarang, RSND Diponegoro Semarang, RSUD Wongsonegoro Semarang, Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga, RSUD Moewardi dan Rumah Sakit UNS Surakarta.

"Mudah-mudahan dengan bantuan reagen ini, proses PCR di enam lokasi itu bisa dilakukan dengan cepat. Kalau PCR nya cukup, alatnya cukup dan tenaganya ada, maka seluruh tes swab di Jateng ini bisa cepat dilakukan sehingga tidak ada lagi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sampai meninggal belum diketahui hasil ceknya," imbuhnya.

Kecepatan dalam cek swab, lanjut Ganjar, sangat penting untuk penanganan wabah corona. Selain soal manajemen dan pengambilan keputusan, kecepatan itu juga memengaruhi data dan psikologis masyarakat.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyerahkan 50 ribu PCR kit primer yang digunakan untuk tes swab covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close