Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

5,8 Juta Pemudik Diprediksi Masuk Yogyakarta pada Lebaran 2023

Sabtu, 18 Maret 2023 – 04:22 WIB
5,8 Juta Pemudik Diprediksi Masuk Yogyakarta pada Lebaran 2023 - JPNN.COM
Sebanyak 5,8 juta pemudik diprediksi masuk DIY pada Lebaran 2023. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, YOGYAKARTA - Sebanyak 5,8 juta pemudik diperkirakan memasuki wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada momentum Lebaran 2023.

Kepala Dinas Perhubungan DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan jumlah pemudik tersebut mengalami kenaikan jika dibandingkan momentum Lebaran 2022 sebanyak sekitar 3,9 juta orang.

"Untuk DIY diperkirakan 5,8 juta pemudik. Mayoritas menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi," kata Dwipanti saat dihubungi di Yogyakarta, Jumat.

Dari jutaan pemudik yang bakal memasuki DIY tersebut, menurut dia, yang menggunakan sepeda motor diperkirakan mencapai 20,3 persen atau 1,2 juta orang, sedangkan mobil pribadi 22,07 persen atau 1,3 juta orang.

"Kalau yang lainnya kombinasi ada yang menggunakan bus, truk, dan moda transportasi lainnya," kata dia. 

"Dulu mungkin masih terbayang-bayang dengan COVID-19. Kalau sekarang bukan bebas COVID-19 tetapi karena sudah ada banyak pelonggaran," kata dia.

Selain banyak destinasi wisata menarik, menurut dia, banyaknya infrastruktur jalan yang mendukung akses transportasi juga menjadi faktor pemicu peningkatan jumlah pemudik ke DIY tahun ini.

Untuk menekan jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun ini menggelar program mudik gratis menggunakan kereta api dan bus menuju DIY.

Dari jutaan pemudik yang bakal memasuki Yogyakarta didominasi pengguna mobil pribadi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close