Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

58% Pemilih di Luar Rumah Saat Petugas Pendataan Datang

Selasa, 16 Januari 2018 – 18:40 WIB
58% Pemilih di Luar Rumah Saat Petugas Pendataan Datang - JPNN.COM
'Kucing TPS'. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Bawaslu menyebut, sekitar 93.572.928 jiwa penduduk berada di luar rumah saat petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) melakukan pencocokan dan penelitian terhadap daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4) yang diserahkan pemerintah untuk kepentingan Pilkada serentak 2018.

Jumlah tersebut mencapai 58 persen dari total 160.756.143 jiwa DP4 yang sebelumnya diserahkan pemerintah ke KPU dan Bawaslu. Coklit rencananya mulai digelar pada Sabtu (20/1) mendatang.

Menurut anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin, hasil analisis penting menjadi perhatian KPU, agar tidak ada masyarakat kehilangan hak pilih hanya karena sedang berada di luar rumah ketika petugas melakukan pendataan.

Untuk diketahui, petugas akan mendatangi setiap rumah untuk melakukan pencocokan dan penelitian terhadap DP4.

Dalam melaksanakan tugasnya, petugas akan melakukan pencoretan terhadap pemilih yang sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap.

Kemudian, mencoret pemilih yang telah pindah domisili ke daerah lain dan mencoret pemilih yang berdasarkan identitas kependudukan bukan merupakan penduduk pada daerah yang menyelenggarakan pemilihan.

"Jumlah penduduk yang diperkirakan berada di luar rumah saat proses coklit merupakan penduduk yang bekerja dan mempunyai aktivitas di luar rumah dengan umur 30-60 tahun," ujar Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu ini.

Afifuddin kemudian merinci sejumlah penduduk yang kemungkinan berada di luar rumah di masing-masing daerah yang akan menggelar pilkada. Di antaranya 17 daerah yang akan menggelar pemilihan gubernur.

Dalam rangka pencocokan dan penelitian terhadap daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4), petugas akan mendatangi setiap rumah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close