Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

6 Dekade Lembaga Demografi FEB UI: Generasi Silver Sejahtera pada Indonesia Emas 2045

Sabtu, 31 Agustus 2024 – 12:33 WIB
6 Dekade Lembaga Demografi FEB UI: Generasi Silver Sejahtera pada Indonesia Emas 2045 - JPNN.COM
6 dekade berdirinya Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), LD FEB UI menyelenggarakan seminar bertajuk “Generasi Silver Aktif dan Sejahtera pada Indonesia Emas 2045”. Foto: dokumentasi Lembaga Demokrasi FEB UI

jpnn.com - Dalam rangka memperingati 6 dekade berdirinya Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), LD FEB UI menyelenggarakan seminar bertajuk “Generasi Silver Aktif dan Sejahtera pada Indonesia Emas 2045”.

Seminar ini bertujuan untuk mengeksplorasi isu-isu terkini terkait generasi silver (lansia) dan berbagai tantangan yang dihadapi menuju Indonesia Emas 2045.

Wakil Menteri Keuangan I Republik Indonesia Prof. Suahasil Nazara menekankan pentingnya mendukung pertumbuhan usia produktif dengan kebijakan pemerintah yang komprehensif, mulai dari fase prenatal hingga usia lanjut.

“Keberhasilan dan upaya di masa produktif sangat mempengaruhi kualitas hidup di usia senja,” ucap Prof Suahasil di Hotel Pullman, Jumat (30/8).

Dia juga menyoroti bahwa investasi di bidang pendidikan, kesehatan, perlindungan sosial yang adaptif, serta reformasi sistem pensiun memiliki peran krusial dalam mewujudkan silver demographic dividend yang berkelanjutan.

“Menjadi Lansia: Antara Anugerah dan Tantangan Mempersiapkan Perawatan Jangka Panjang (Long Term Care)”

Di tempat yang sama, Peneliti Senior LD FEB UI dan Guru Besar FEB UI Sri Moertiningsih Adioetomo mengatakan bahwa jumlah penduduk lansia di Indonesia diperkirakan akan mencapai 20 persen pada 2050.

“Seiring bertambahnya usia, lansia akan mengalami penurunan kapasitas fungsional yang diperparah oleh penyakit tidak menular akibat gaya hidup tidak sehat sejak dini,” kata Sri.

Seminar ini bertujuan untuk mengeksplorasi isu-isu terkini terkait generasi silver (lansia) dan berbagai tantangan yang dihadapi menuju Indonesia Emas 2045.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA