Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

6 Efek Samping Minum Cuka Apel Berlebihan

Rabu, 19 Agustus 2020 – 04:29 WIB
6 Efek Samping Minum Cuka Apel Berlebihan - JPNN.COM
Sari cuka apel. Foto: Authority Nutrition

jpnn.com - Mengonsumsi cuka apel dipercaya bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh. Sayangnya, cuka apel dapat menyebabkan beberapa efek samping terutama kalau dikonsumsi berlebihan.

Menurut dr. Devia, secara umum bahayanya adalah sifat asam cuka apel bisa mengiritasi tenggorokan, memicu heartburn, nyeri di ulu hati, dan kandungan asamnya bisa merusak atau mengikis lapisan gigi.

Meskipun jumlah yang kecil umumnya baik dan sehat, mengonsumsi terlalu banyak cuka apel bisa berbahaya. Mari ketahui bahayanya apa saja.

1. Pengosongan Perut Tertunda

Cuka apel membantu mencegah lonjakan gula darah dengan mengurangi laju makanan meninggalkan lambung dan memasuki saluran pencernaan bagian bawah. Hal ini kemudian memperlambat penyerapannya ke dalam aliran darah.

Namun, efek ini dapat memperburuk gejala gastroparesis, yaitu kondisi umum pada penderita diabetes tipe 1. 

Bagi orang yang punya gastroparesis, saraf di perut tidak bekerja dengan baik, sehingga makanan tetap berada di perut terlalu lama dan tidak dikosongkan pada tingkat normal. Gejala gastroparesis termasuk mulas, kembung, dan mual. 

2. Efek Samping Pencernaan

Meskipun jumlah yang kecil umumnya baik dan sehat, mengonsumsi terlalu banyak cuka apel bisa berbahaya. Yuk baca artikel berikut.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close