Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

6 Jenis Buah dan Sayur Paling Kotor, Banyak Pestisida

Sabtu, 20 Maret 2021 – 17:36 WIB
6 Jenis Buah dan Sayur Paling Kotor, Banyak Pestisida - JPNN.COM
Tomat. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Beberapa jenis buah dan sayuran dianggap sangat kotor karena memiliki tingkat residu pestisida yang relatif tinggi yang dapat merusak kesehatan.

Setiap tahun Kelompok Kerja Lingkungan (Environmental Working Group/EWG) merilis Shopper's Guide to Pesticides in Produce, yang berisi daftar buah dan sayuran yang mengandung paling banyak pestisida.

Ahli toksik dari EWG Thomas Galligan menjelaskan meskipun sayur dan buah banyak memberikan manfaat kesehatan, tetapi penting bagi kita untuk meminimalisir paparan pestisida yang tersimpan di permukaan buah dan sayur.

"Pestisida seringkali dikaitkan dengan berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, gangguan hormon dan kerusakan dalam tumbuh kembang otak anak," ujar Galligan seperti dilansir dari EatThis, pada Sabtu (20/3).

Cara mudah untuk menghilangkan sisa pestisida adalah dengan mencuci bersih buah dan sayur sebelum diolah atau dikonsumsi.

Berikut ini adalah enam sayur dan buah dengan tingkat pestisida tertinggi.

1. Tomat

Hanya karena tomat masuk dalam "daftar hitam" karena tingginya residu pestisida, tidak berarti kita harus menghindari tomat.

Berikut ini beberapa jenis buah dan sayur yang mengandung banyak pestisida dan bisa merusak kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close