Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

6 Jurus PT Freeport Indonesia Melawan Corona

Minggu, 03 Mei 2020 – 20:34 WIB
6 Jurus PT Freeport Indonesia Melawan Corona - JPNN.COM
PT Freeport Indonesia menerapkan berbagai protokol kesehatan di area kerja untuk pencegahan penularan COVID-19. Foto: ANTARA/HO/Corcom PTFI

jpnn.com, MIMIKA - Vice President Corporate Communication PT Freeport Indonesia Riza Pratama memastikan pihaknya bakal terus memperkuat koordinasi dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Mimika, Papua, untuk melindungi karyawan dari risiko penyebaran virus corona di seluruh area kerja dan lingkungan sekitar perusahaan.

Riza mengatakan, upaya yang dilakukan antara lain dengan memaksimalkan jaga jarak (physical distancing), menyiapkan fasilitas medis di Tembagapura dan Timika yang merupakan area kerja utama perusahaan, serta menutup akses memasuki Tembagapura.

“Di tengah kelesuan pasar komoditas global akibat perlambatan industri dalam upaya mitigasi COVID-19 di seluruh dunia, sebagai objek vital nasional yang bergerak di bidang tambang, kegiatan operasional PTFI hingga saat ini tetap berjalan agar bahan baku industri dapat tersedia, roda perekonomian lokal dan nasional dapat terus bergerak, dan area tambang tetap produktif serta terjaga kestabilannya," tutur Riza, Sabtu (2/5).

"Meski demikian, kami memastikan bahwa keamanan dan kesehatan karyawan adalah prioritas utama kami,” imbuh pria yang juga merupakan Juru Bicara PTFI itu.

Sejak awal Maret, katanya, PTFI telah menerapkan berbagai upaya mitigasi yang bisa melipatgandakan protokol kesehatan di area kerja.

Upaya tersebut, pertama; menerapkan larangan masuk dan pembatasan perjalanan ke luar negeri. Memberlakukan larangan masuk dan bepergian kepada karyawan yang melakukan perjalanan dari/ke/melalui negara-negara berisiko tinggi, sesuai dengan arahan dari pemerintah.

Kedua, melakukan pemeriksaan suhu tubuh. Mewajibkan pemeriksaan suhu tubuh bagi setiap karyawan yang tiba di bandara dan terminal bus dan hendak memasuki area kerja PTFI. Karyawan yang terdeteksi dengan suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius diwajibkan untuk tidak bekerja dan memeriksakan diri ke tim medis.

Ketiga, memaksimalkan pembatasan interaksi fisik. Menutup sejumlah fasilitas seperti sekolah, tempat ibadah, dan restoran/kafetaria di seluruh area kerja. Bagi fasilitas umum yang tetap dibuka seperti kantin karyawan dan pasar swalayan, garis yang mengatur jarak antrean antarpengunjung telah disiapkan.

PT Freeport Indonesia juga menyediakan fasilitas, tenaga, dan prosedur medis untuk memantau karyawan terkait penanganan corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close