Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

6 Perusahaan Pemasok Ekosistem Baterai Sepakat Membentuk Asosiasi Id Battery

Minggu, 08 September 2024 – 03:08 WIB
6 Perusahaan Pemasok Ekosistem Baterai Sepakat Membentuk Asosiasi Id Battery - JPNN.COM
Id Battery memiliki visi menjadi aliansi industri baterai nasional yang kredibel dalam mengembangkan ekosistem baterai yang kompetitif dan berkelanjutan. Foto dok Id Battery

jpnn.com, JAKARTA - Rachmat Kaimuddin, Advisory Board Id Battery yang juga Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia mengatakan perkembangan industri kendaraan listrik yang pesat di Indonesia dan tujuan untuk menjadi pemain global dalam ekosistem baterai dan kendaraan listrik.

Keberadaan forum komunikasi melalui asosiasi dalam hubungannya dengan permintaan akan baterai kendaraan listrik memegang peranan penting dalam mendukung ekosistem baterai secara terintegrasi.

Asosiasi dinilai bisa menjadi jembatan antara industri, pemerintah dan komunitas lainnya, termasuk pengguna/konsumen.

Asosiasi dapat berfungsi sebagai media bagi para pelaku industri untuk menyampaikan aspirasi, masukan serta usulan terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah guna mendukung pertumbuhan industri baterai di Indonesia.

"Asosiasi industri diperlukan untuk dapat merumuskan pendekatan yang kolektif dan terorganisir untuk mendukung cita-cita nasional," ujar Rachmat dalam sambutan peresmian Asosiasi Ekosistem Baterai Indonesia (Id Battery) di acara Indonesia International Sustainability Forum, pada Jumat (6/9).

Sementara, Reynaldi Istanto selaku Chairman Id Battery menyampaikan untuk memperkuat tata kelola industri baterai di Indonesia, sebuah forum komunikasi pelaku industri diperlukan.

"Berangkat dari hal tersebut, kami melihat para pelaku industri perlu untuk mendukung pemerintah dalam merumuskan kebijakan dan program yang mendukung pertumbuhan berkelanjutan di Indonesia, khususnya terkait pengembangan ekosistem baterai. Oleh karena itu, kami 6 perusahaan yang bergerak di berbagai bagian dalam rantai pasok ekosistem baterai, yaitu IBC, ABC, CATL, Gotion, Huayou, dan Puqing serta researcher partner, NBRI dan Pijar Foundation bersepakat membentuk sebuah asosiasi industri sebagai wadah untuk memberikan dukungan masukan kebijakan kepada pemerintah’," papar dia.

Id Battery memiliki visi untuk menjadi aliansi industri baterai nasional yang kredibel dalam mengembangkan ekosistem baterai yang kompetitif dan berkelanjutan.

Para pelaku industri perlu untuk mendukung pemerintah dalam merumuskan kebijakan dan program yang mendukung pertumbuhan berkelanjutan di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA