Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

600 Warga Disebut Terisolasi karena Pembangunan JIS, Jakpro Buka Suara

Kamis, 06 April 2023 – 14:40 WIB
600 Warga Disebut Terisolasi karena Pembangunan JIS, Jakpro Buka Suara - JPNN.COM
PT Jakpro. Foto: Jakpro

jpnn.com - JAKARTA - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) buka suara mengenai pemberitaan yang menyebut 600 warga Kampung Bayam, Jakarta Utara, terisolasi akibat pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

VP Corporate Secretary Syachrial Syarief menyebutkan bahwa warga yang dimaksud ialah yang mendiami pintu air di sebelah timur JIS, bukan warga Kampung Bayam yang berada di wilayah pembangunan.

Dia mengatakan bahwa warga tersebut menempati lahan yang bukan menjadi tanggung jawab dan kewenangan Jakpro.

Menurut dia, Jakpro telah menjalani perjalanan panjang Resettlement Action Plan (RAP), yaitu proses pemukiman kembali warga Kampung Bayam dengan jumlah warga terdampak sebanyak 642 KK.

Seluruh warga Kampung Bayam pada saat itu telah sepakat untuk berpindah secara mandiri dari lokasi tanpa paksaan, dengan menandatangani berita acara serah terima penggantian (kompensasi).

“Termasuk, salah satu yang menerima kompensasi tertinggi atas nama Bapak Thomas Selan. Beberapa warga yang telah menerima kompensasi memutuskan untuk berpindah ke daerah asal,” ucap Syachrial dalam keterangannya, Kamis (6/5).

Warga yang mendiami pintu air di sebelah timur JIS berada di lahan yang sebelumnya bukan permukiman, melainkan area pintu air yang digunakan untuk mengatur debit keluar air dari Danau Cincin yang dialirkan ke Teluk Jakarta.

“Pihak Jakpro beriktikad baik dalam memfasilitasi musyawarah bersama perangkat kewilayahan Pemkot Jakarta Utara, warga, maupun stakeholders lainnnya dengan melaksanakan pembahasan terkait akses jalan ini sejak lama,” kata dia.

Jakpro buka suara mengenai pemberitaan 600 warga Kampung Bayam yang terisolasi akibat pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close