Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

68 Napiter di Lapas Gunung Sindur Jalani Identifikasi untuk Program Deradikalisasi

Senin, 12 September 2022 – 20:29 WIB
68 Napiter di Lapas Gunung Sindur Jalani Identifikasi untuk Program Deradikalisasi - JPNN.COM
Sekretaris Utama BNPT Mayjen TNI Dedi Sambowo. Dok: Humas BNPT

jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Sebanyak 68 narapidana teroris (napiter) di Lapas Gunung Sindur menjalani proses identifikasi untuk mengikuti program deradikalisasi.

Identifikasi berlangsung selama tiga hari dari 12 hingga 14 September 2022 dengan melibatkan tiga institusi, yakni BNPT, Kemenkumham, dan Polri.

Identifikasi ini merupakan tahapan pertama dalam program deradikalisasi. Hasil identifikasi ini menjadi acuan dalam melakukan tahapan-tahapan selanjutnya yakni rehabilitasi, reedukasi, dan reintegrasi sosial. 

Sekretaris Utama BNPT Mayjen TNI Dedi Sambowo menilai identifikasi dan penilaian menjadi tahapan yang penting untuk menentukan metode pembinaan napiter hingga ke tahap akhir.

Dia berharap melalui hasil asesmen ini, BNPT, Kemenkumham, dan Polri dapat merumuskan program deradikalisasi yang tepat sasaran. 

"Betapa pentingnya proses identifikasi sehingga saya berharap ini dapat menciptakan produk-produk yang jitu menurut tingkat keterpaparannya," kata Dedi Sambowo dalam siaran persnya, Senin (12/9).

Sementara Direktur Deradikalisasi BNPT Irfan Idris mengatakan inti dari program tersebut terdiri atas tiga unsur yaitu pembinaan, pendampingan, dan pemberdayaan. 

Kegiatan pembinaan dilakukan melalui pembinaan wawasan kebangsaan, keagamaan, dan kewirausahaan.

BNPT bersama Kemenkumham dan Polri melakukan identifikasi terhadap 68 napiter yang ada di Lapas Gunung Sindur untuk ikut program deradikalisasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close