Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

7 Cara Mudah Merawat Kulit agar Tetap Kencang dan Sehat

Rabu, 12 Desember 2018 – 04:54 WIB
7 Cara Mudah Merawat Kulit agar Tetap Kencang dan Sehat - JPNN.COM
Mengenal ciri-ciri kurang nutrisi pada wajah. Foto: Keywordsuggest

jpnn.com - Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan pada kulit pun makin tampak jelas. Keluhan biasanya berupa kulit terlihat berkerut, kendur, dan keriput. Bahkan, keluhan-keluhan tersebut banyak dialami mereka yang usianya di bawah 30 tahun.

Saat mendapat kulit tak lagi sekencang dulu, jangan buru-buru merogoh kocek jutaan hingga puluhan juta rupiah. Cobalah lakukan langkah-langkah sederhana di bawah ini terlebih dulu:

1. Membersihkan kulit secara teratur

Rutinitas membersihkan kulit dengan cara mandi dan membersihkan wajah secara teratur bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Ini karena aktivitas tersebut mampu menyingkirkan debu, kotoran, ataupun kuman penyebab penyakit yang menempel di kulit. Pastikan Anda mandi dua kali sehari serta tak pernah lupa membersihkan wajah sebelum tidur.

2. Minum air putih

Usahakan untuk minum air putih minimal delapan gelas per hari. Jika kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, maka kulit pun juga merasakan manfaatnya. Kelembapan kulit akan terus terjaga, sehingga Anda terhindar dari kulit kering dan keriput.

3. Tidur cukup

Kurang tidur dan/atau punya kebiasaan begadang? Waspadalah, itu semua bisa mempercepat penuaan dini. Tak hanya itu, kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi yang baik dari makanan pun bisa terhambat. Lebih jauh lagi, kapasitas tubuh untuk memproduksi hormon peremajaan sel pun berkurang karena hormon ini secara aktif bekerja saat Anda tidur.

Keriput berlebihan akan terjadi di sekitar mulut dan lipatan antara hidung dan mulut. Hal ini yang membuat jaringan dasar kulit akan hilang kekuatannya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close