Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

7 Cara Tepat Usir Lendir dari Dalam Dada

Rabu, 25 Desember 2019 – 22:04 WIB
7 Cara Tepat Usir Lendir dari Dalam Dada - JPNN.COM
ilustrasi dada sesak.

jpnn.com - Pernapasan Anda sedang terganggu? Mungkin penyebabnya adalah penumpukan lendir di dalam dada. Tenang, Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Kondisi tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan cara yang mudah.

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, lendir di dalam dada alias dahak, memang sering menjadi biang keladi gangguan pernapasan.

Terbentuknya lendir tersebut dapat dilatari oleh beberapa kondisi kesehatan, misalnya refluks asam lambung (GERD), alergi, asma, adanya infeksi bakteri atau virus, bronkritis kronis, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan kelainan paru-paru lainnya.

Cara Menghilangkan Lendir di Dalam Dada atau Tenggorokan

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi penumpukan lendir di tenggorokan atau dada adalah sebagai berikut:

1. Minum cairan hangat
Tak hanya menjaga hidrasi tubuh, cairan hangat juga mampu mengatasi penumpukan lendir atau dahak yang ada di dada. Berkat cairan hangat, lendir tersebut akan keluar melalui tenggorokan bersama dengan batuk.

Di samping memanfaatkan air putih hangat biasa, manfaat cairan hangat untuk mengatasi lendir di dada juga bisa Anda rasakan dengan mengonsumsi kuah kaldu, teh hitam atau hijau tanpa kafein, dan teh herbal.

2. Uap
Menjaga udara tetap lembap dapat mengencerkan lendir dan mengurangi rasa “mampet” di dada atau paru-paru. Manfaat tersebut bisa Anda rasakan dengan menghirup uap hangat yang berasal dari makanan, minuman, atau alat yang memang diciptakan khusus untuk proses penguapan paru-paru.

Terbentuknya lendir tersebut bisa dilatari oleh beberapa kondisi kesehatan, misalnya refluks asam lambung (GERD), alergi, asma, adanya infeksi bakteri atau virus, bronkritis kronis, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan kelainan paru-paru lainnya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close