Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

7 Hal yang Harus Ditanamkan Ortu agar Anak Memiliki Soft Skill

Senin, 06 November 2023 – 08:46 WIB
7 Hal yang Harus Ditanamkan Ortu agar Anak Memiliki Soft Skill - JPNN.COM
Pemahaman orang tua mengenai soft skill akan sangat membantu anak menghadapi dunia kerja dan sosial secara baik. Ilustrasi Foto: Soetomo Samsu/JPNN.com

jpnn.com - BONDOWOSO - Keterampilan kerja nonteknis atau lebih dikenal dengan istilah soft skill perlu dipahami dengan baik oleh para orang tua.

Hal tersebut penting bagi para orang tua agar dapat membantu anak-anaknya memiliki keterampilan sosial di dunia kerja, dengan menunjukkan prestasi terbaik serta bekerja dengan nyaman di lingkungan mana pun.

Guru Bimbingan Konseling SMK Negeri 1 Sumberwringin, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur Evy Yulistiowati Pramono mengatakan bahwa pemahaman orang tua mengenai soft skill akan sangat membantu anak menghadapi dunia kerja dan sosial secara baik.

Saat menjadi pembicara pada pertemuan via Zoom dengan orang tua bertema "Parenting", Evy mengatakan anak-anak yang tidak memiliki soft skill memadai biasanya akan hidup dengan berbagai masalah, baik di lingkungan sosial maupun di lingkungan tempat bekerja.

Hal-hal yang sejatinya sepele akan menjadi masalah besar bagi orang yang di keluarganya tidak dididik dengan pola asuh yang mendukung keterampilan hidup di masyarakat.

Misalnya, seorang remaja yang tidak memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik akan mengalami masalah yang dianggapnya berat ketika merasa selalu dicueki oleh rekan kerja atau atasannya.

Padahal, sumber masalahnya ada pada diri sendiri yang tidak pandai membawa diri atau sulit beradaptasi dengan lingkungan baru.

Evy Yulistiowati, yang juga mantan Ketua Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMK Kabupaten Bondowoso ini, mengungkapkan beberapa hal yang harus ditanamkan orang tua kepada anaknya agar memiliki softskill memadai untuk bekal menghadapi masa depan, termasuk dunia kerja.

Ada 7 hal yang harus ditanamkan orang tua kepada anaknya agar memiliki soft skill memadai untuk bekal menghadapi masa depan, termasuk dunia kerja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close