Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

7 Langkah Penting Melenyapkan Kolesterol Usai Menyantap Opor Ayam dan Hidangan Bersantan

Senin, 17 Mei 2021 – 10:07 WIB
7 Langkah Penting Melenyapkan Kolesterol Usai Menyantap Opor Ayam dan Hidangan Bersantan - JPNN.COM
Ilustrasi opor ayam, salah satu hidangan khas Lebaran. Foto: Antara/istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Sudah tentu masih ada masyarakat yang menyantap opor ayam atau hidangan bersantan lain sisa menu saat lebaran, setelah dipanaskan ulang.

Proses pemanasan berulang pada menu makanan bersantan memang membuat rasa pada makanan itu menjadi semakin nikmat, kendati demikian nilai gizi di dalamnya akan semakin berkurang dan merubah kandungan lemak di dalamnya menjadi lemak jenuh.

Lemak jenuh inilah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, selain bobot tubuh yang turut meningkat bila konsumsi panganan bersantan itu tidak disertai konsumsi serat dan air putih yang cukup.

"Rasa bersalah" pada tubuh kemudian muncul dan sebagian dari Anda mungkin ada yang sudah berencana untuk memulai diet atau setidaknya mengubah pola makan agar tubuh kembali sehat bebas kolesterol dan bobot tubuh kembali ke angka normal.

Lantas apa saja yang harus dilakukan? Berikut adalah sejumlah tips untuk mengembalikan kesehatan dan bobot tubuh setelah mengonsumsi makanan tinggi kolesterol dan kalori.

1. Perbanyak serat dan protein

Berdasarkan AKG, anjuran konsumsi serat harian adalah 25mg. Sumber serat bisa didapat dari sayur mayur serta buah.

“Serat dalam sayur dan buah membuat lambung lebih cepat kenyang dan tidak mudah lapar karena serat lebih bertahan lama dalam lambung,” ujar ahli gizi dari Rumah Sakit Mayapada Kuningan, Christina Andhika Setyani melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Senin.

Berikut adalah sejumlah tips untuk mengembalikan kesehatan setelah mengonsumsi makanan tinggi kolesterol dan kalori saat lebaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close