Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

88 Ribu Jembatan Membentang di Indonesia

Selasa, 29 November 2011 – 13:33 WIB
88 Ribu Jembatan Membentang di Indonesia - JPNN.COM
JAKARTA—Kasus ambruknya jembatan, sebenarnya sudah sering terjadi. Apalagi bila jembatan tersebut dibangun dengan pondasi seadanya. Namun ambruknya jembatan Kutai Kertanegara, Sabtu (26/11), seolah menjadi tamparan keras bagi pemerintah. Selain dibangun dengan tekhnologi tingkat tinggi, inilah kasus ambruknya jembatan di era modern yang cukup parah.

Bila melihat usianya yang baru 10 tahun saja sudah ambruk, wajar kiranya bagi pemerintah daerah (Pemda) turut waspada. Terutama bagi Pemda yang memiliki banyak jembatan. Mulai sekarang, patut dipertanyakan apakah jembatan yang berdiri, sudah memiliki standart perawatan dan uji kelaikan.

Berdasarkan data dari Indonesianbridgeinformation, dengan 17.000 pulau kecil dan lima pulau besar, Indonesia saat ini diperkirakan memiliki 88 ribu jembatan. Sebagian besar melintasi sungai kecil. Untuk ruas jalan nasional dan provinsi saja memiliki sekitar 32 ribu jembatan dengan panjang total sekitar 54 ribu meter. 

Sejak dibangun dengan metode rangka baja di era 70-an dan 80-an, beberapa teknologi pembangunan jembatan telah berhasil membangun jembatan yang cukup strategis. Jembatan dengan bentangan utama lebih dari 100 meteran dan dibangun dengan tipe jembatan rangka baja bisa terlihat pada jembatan Kerasak (122,5m) dan jembatan Danau Bingkuang di Riau (120m).

JAKARTA—Kasus ambruknya jembatan, sebenarnya sudah sering terjadi. Apalagi bila jembatan tersebut dibangun dengan pondasi seadanya. Namun ambruknya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA