Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

900 Personel Amankan Pencabutan Nomor Urut Capres-Cawapres

Rabu, 28 Mei 2014 – 00:18 WIB
900 Personel Amankan Pencabutan Nomor Urut Capres-Cawapres - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Polda Metro Jaya bersama unsur lain kemarin mengadakan simulasi pengamanan masa penetapan nomor urut calon presiden dan calon wakil presiden. Sebanyak 900 personel gabungan dikerahkan dalam simulasi yang akan dijalankan pada 1 Juni itu.

Selain satuan kepolisian dari Polda Metro Jaya, simulasi tersebut melibatkan personel TNI, satpol PP, serta dinas perhubungan dan pemadam kebakaran. Jumlah personel kepolisian yang dikerahkan sebanyak 800 orang dan ditambah 100 personel dari unsur gabungan.

"Targetnya adalah pelaksanaan pengamanan, khususnya wilayah Menteng (KPU, Bawaslu), aman terkendali dalam pengambilan nomor urut maupun kegiatan pemilu presiden nanti," ujar Kapolsek Menteng AKBP Gunawan di Kantor KPU Jakarta kemarin (27/5).

Sejumlah peralatan pengamanan, mulai anjing pelacak, barracuda, ambulans, dan water cannon sudah disiapkan. Simulasi diawali dari kantor KPU, tempat penetapan dan pengambilan nomor urut capres dan cawapres. Situasi kemudian berubah ricuh karena ada salah seorang pasangan calon yang tidak memenuhi syarat.

Biro Operasi Polda Metro Jaya Herawaty mengatakan, simulasi itu juga penting untuk mengantisipasi adanya massa yang berunjuk rasa di sekitar gedung KPU. Para pengunjuk rasa kemudian melakukan aksi di Bundaran Hotel Indonesia.

"Ini simulasi untuk situasi setelah pengumuman. Nanti ada massa yang tidak puas dan berunjuk rasa di sini (Bundaran HI, Red)," ujarnya.

Simulasi yang berlangsung di dua tempat itu membuat lalu lintas tersendat. Namun, karena simulasi dilaksanakan pada hari libur, aktivitas lalu lintas tidak sepadat pada hari kerja. Simulasi yang sama direncanakan berlangsung di kantor Badan Pengawas Pemilu dan Mahkamah Konstitusi pada Kamis besok (29/5). (bay/c7/tom)

 

JAKARTA - Polda Metro Jaya bersama unsur lain kemarin mengadakan simulasi pengamanan masa penetapan nomor urut calon presiden dan calon wakil presiden.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA