Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Abaikan Peringatan Indonesia, Myanmar Sekarang Rasakan Akibatnya

Kamis, 03 Februari 2022 – 17:44 WIB
Abaikan Peringatan Indonesia, Myanmar Sekarang Rasakan Akibatnya - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo di KTT ASEAN 2018. Foto: dok Setpres

jpnn.com, PNOM PENH - ASEAN kembali mengucilkan junta militer Myanmar dengan tidak mengundang perwakilan mereka ke pertemuan para menteri luar negeri negara anggota.

Kementerian luar negeri Kamboja mengatakan pada Kamis bahwa perwakilan non-politik dari Myanmar telah diundang untuk menghadiri agenda tersebut

Para anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) tidak mencapai konsensus untuk mengundang Menlu Myanmar yang ditunjuk oleh junta militer karena dianggap gagal memenuhi rencana perdamaian ASEAN, kata juru bicara Kemlu Kamboja Chum Sounry.

Kamboja saat ini menjabat sebagai ketua perhimpunan beranggotakan 10 negara itu dan akan menjadi tuan rumah pertemuan tingkat menteri pada 16-17 Februari.

"Sementara itu, kami mendorong Myanmar untuk diwakili oleh seorang (pejabat) tingkat non-politik daripada membiarkan kursinya kosong," kata Sounry kepada Reuters.

Dia menambahkan, terserah Myanmar untuk memutuskan siapa yang akan mewakili.

Myanmar telah jatuh ke dalam krisis sejak militer menggulingkan pemerintahan terpilih setahun lalu. Sekitar 1.500 warga sipil telah tewas dalam tindakan keras junta pada musuh-musuhnya, menurut data dari kantor hak asasi manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pasukan militer di pedesaan juga sedang bertempur di banyak tempat dengan kelompok pro-demokrasi yang telah mengangkat senjata dan membentuk pasukan etnis minoritas.

Pemerintah Indonesia telah berulang kali memperingatkan junta militer Myanmar, tetapi tak pernah dihiraukan

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close