Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Abaikan Semua Protokol Kesehatan, Warga Belanda Demo Tolak Lockdown COVID-19

Senin, 18 Januari 2021 – 23:54 WIB
Abaikan Semua Protokol Kesehatan, Warga Belanda Demo Tolak Lockdown COVID-19 - JPNN.COM
Pengunjuk rasa membawa spanduk saat berdemo di depan kantor pusat Shell, ketika penyebaran virus corona (COVID-19) masih berlanjut, di Den Haag, Belanda, Selasa (19/5/2020). Foto: REUTERS/PIROSCHKA VAN DE WOUW

jpnn.com, AMSTERDAM - Polisi anti huru-hara Belanda menggunakan meriam air untuk membubarkan sekitar dua ribu pengunjuk rasa yang menentang penguncian nasional COVID-19 di Amsterdam pada Minggu(17/1).

Massa berkumpul di alun-alun depan galeri seni Museum Van Gogh dan Rijksmuseum, dengan membawa spanduk bertuliskan "Kebebasan: setop pengepungan ini" dan meneriakkan "Apa yang kita inginkan? Kebebasan!".

Tidak ada seorang pun yang menggunakan masker, yang diwajibkan ketika berada di luar ruangan, dan hanya sedikit yang menjaga jarak fisik, sehingga memicu otoritas untuk membubarkan kerumunan, demikian pihak berwenang melalui pernyataan.

Pemerintah setempat menolak izin unjuk rasa yang digelar di Alun-alun Museum. Massa pun menolak untuk dibubarkan ketika aparat kepolisan memintanya pergi. Sejumlah pengunjuk rasa juga melemparkan petasan ke arah petugas.

Polisi anti huru-hara lantas menggunakan meriam air untuk mencoba membubarkan massa. Otoritas mengaku telah mengamankan sekitar seratus orang pengunjuk rasa.

Pemerintah menutup sekolah-sekolah dan sebagian besar pertokoan pada Desember guna mencegah lonjakan kasus COVID-19 dan pekan ini penguncian diperpanjang hingga setidaknya tiga pekan ke depan.

Di awal pandemi, Belanda secara umum lebih enggan menerapkan penguncian COVID-19 dibanding kebanyakan negara tetangganya.

Tetapi selama gelombang kedua musim dingin pihaknya menyatakan penanganan mereka terhadap pandemi dipaksa oleh cepatnya penyebaran infeksi dan besarnya tekanan terhadap rumah sakit. (ant/dil/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Polisi anti huru-hara Belanda menggunakan meriam air untuk membubarkan sekitar dua ribu pengunjuk rasa yang menentang penguncian nasional COVID-19

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close