Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terima Bantuan 40 Ribu Masker, MPR Ajak Mencontoh Vietnam Atasi Covid-19

Senin, 18 Januari 2021 – 21:52 WIB
Terima Bantuan 40 Ribu Masker, MPR Ajak Mencontoh Vietnam Atasi Covid-19 - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima bantuan 40 ribu masker dari Parlemen Vietnam. Bantuan diserahkan Duta Besar Indonesia untuk Vietnam Ibnu Hadi. Foto: Humas MPR.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyambut baik bantuan sekitar 40 ribu masker dari parlemen Vietnam untuk didistribusikan ke berbagai kalangan masyarakat.

Bantuan yang merupakan salah satu wujud hubungan baik kedua parlemen itu diserahkan oleh Duta Besar Indonesia untuk Vietnam periode 2016-2020 Ibnu Hadi kepada MPR RI.

Bambang mengatakan Vietnam merupakan salah satu negara di Asia Tenggara bahkan juga di Asia dan dunia yang berhasil menangani pandemi Covid-19 dengan sangat baik.

Ia menegaskan walaupun menerapkan lockdown dengan sangat ketat, Vietnam menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak sampai masuk jurang resesi.

"PDB (product domestic bruto) mereka di Kuartal-III 2020 mampu tumbuh 2,62 persen, meningkat dari kuartal sebelumnya yang juga bisa tumbuh 0,4 persen," ujar Bamsoet ditemani Wakil Ketua MPR RI Asrul Sani usai menerima Ibnu Hadi di Jakarta, Senin (18/1).

Ketua ke-20 DPR RI ini menilai langkah pemerintah Vietnam yang sigap menghadapi Covid-19 sejak di awal masa pandemi patut dicontoh oleh berbagai negara.

Ia menegaskan bahwa Vietnam sangat ketat melakukan pengetesan, karantina, serta penutupan perbatasan. Memiliki penduduk sekitar 98 juta jiwa, per 17 Januari 2021 kemarin Vietnam hanya memiliki 1.537 kasus positif Covid-19, dengan total kematian 35 juta jiwa.

"Berkat kerja keras mereka menangani pandemi Covid-19, per harinya hampir sudah tidak ada lagi penambahan kasus baru. Saat ini Vietnam berada di posisi 173 dunia, sementara Indonesia di posisi ke-20 negara dengan jumlah penyebaran virus Covid-19 terbanyak dunia," kata Bamsoet.

Meskipun menerapkan lockdown dengan sangat ketat, Vietnam menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak sampai masuk jurang resesi saat pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close