Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Abbas dan Hamas Bahas Persatuan

Senin, 28 Maret 2011 – 22:35 WIB
Abbas dan Hamas Bahas Persatuan - JPNN.COM
RAMALLAH - Presiden Palestina Mahmoud Abbas bertemu dengan sejumlah wakil kelompok militan Hamas di Ramallah, Tepi Barat, Sabtu lalu (26/3). Pertemuan itu sengaja diadakan sebagai upaya mengakhiri empat tahun pertikaian perihal pendirian negara Palestina.

Menyusul kegagalan pembicaraan damai dengan Israel, Abbas dan pemerintahanya yang didukung Barat kini mengarahkan perhatian pada rekonsiliasi dengan Hamas. Gerakan yang didukung Iran tersebut mengusir tentara Palestina yang pro-Abbas dari Jalur Gaza pada 2007. Abbas hanya memerintah di Tepi Barat. Karena itulah, Abbas berupaya menyatukan wilayah Palestina.

Hamas dan militan lain di Jalur Gaza menentang perdamaian dengan Israel. Mereka menembakkan roket dan mortir ke wilayah Israel beberapa pekan terakhir. Meski tidak ada korban jiwa, Israel bereaksi keras. Untuk pertama kalinya, Israel membangun pelindung antiroket yang dinamai Iron Dome (Kubah Besi).

Selama ini pembicaraan damai antara Hamas dan gerakan Fatah pimpinan Abbas dimediatori Mesir. Tetapi, pembicaraan gagal menghasilkan terobosan. Apalagi, Presiden Mesir Hosni Mubarak akhirnya mundur  dalam revolusi pada Februari lalu.

loading...