Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Aceh Bakal Jadi Mindanao-nya Indonesia

Senin, 08 Maret 2010 – 05:53 WIB
Aceh Bakal Jadi Mindanao-nya Indonesia - JPNN.COM
JAKARTA - Bergesernya kantong-kantong teroris di Indonesia ke Aceh jelas memiliki tujuan tertentu. Pengamat terorisme Al Chaidar menilai ada upaya untuk membuat Aceh menjadi Mindanao-nya Indonesia. Selain letaknya yang strategis, kultur Aceh yang kental dengan syariat Islam sangat mendukung gerakan mereka.

 

"Mereka punya target tertentu di Aceh. Aceh bagi mereka sangat nyaman seperti Mindanao di Filipina. Kemungkinan mereka akan sangat lama di Aceh karena ini sudah jadi basecamp mereka," kata Al Chaidar saat dihubungi dari Jakarta, Minggu (7/3).

 

Al Chaidar yang juga asli Aceh itu menambahkan, posisi Aceh sangat strategis. Dekat dengan Selat Malaka dan negari jiran. Kalau ada apa-apa, mereka dengan mudah bisa kabur ke negeri sebelah. "Mereka juga bisa dengan gampang membajak kapal-kapal. Apalagi, lalu lintas kapal di Selat Malaka sangat padat," katanya.

 

Selain itu, kata dia, Aceh sangat kental dengan kultur syariah Islam. Itu membuat mereka semakin leluasa berlindung dan mencari pengikut. Lagipula, kata dia, Aceh akhir-akhir ini tak banyak dimonitor perkembangannya oleh pemerintah.

 

JAKARTA - Bergesernya kantong-kantong teroris di Indonesia ke Aceh jelas memiliki tujuan tertentu. Pengamat terorisme Al Chaidar menilai ada upaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close