Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ada 5 Destinasi Wisata yang Dapat Dikembangkan di IKN Nusantara

Rabu, 04 Oktober 2023 – 07:01 WIB
Ada 5 Destinasi Wisata yang Dapat Dikembangkan di IKN Nusantara - JPNN.COM
Direktur Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Muhsin Palinrugi saat ditemui di Titik Nol Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (3/10/2023). ANTARA/Sinta Ambar

jpnn.com - PENAJAM - Provinsi Kalimantan Timur memiliki beberapa destinasi wisata yang dapat dikembangkan untuk mendukung sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara.

Destinasi tersebut, yakni, Goa Tapak Raja, kawasan mangrove Mentawir, Gunung Parung, Air Terjun Tembinus serta Bukit Bengkirai.

"Di IKN, bicara pariwisata yang ada di kawasan pengembangan ini baru ada sekitar lima atau empat destinasi wisata yang potensial  kembangkan," kata Direktur Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Otorita Ibu IKN Nusantara Muhsin Palinrugi saat ditemui di Titik Nol IKN, Penajam Paser Utara, Kaltim, Selasa (3/10).

Dia menjelaskan destinasi wisata Goa Tapak Raja yang ditemukan oleh pendatang pada 1983, berada sekitar 30 kilometer dari Titik Nol IKN.

Goa Tapak Raja memiliki potensi edukasi wisata (eduwisata).

Sementara, kawasan mangrove Mentawir memiliki luas total kawasan sekitar 2.300 hektare.

Sekitar 300 hektare dari total luas tersebut dimanfaatkan sebagai ekowisata mangrove.

Menurut Muhsin di lokasi ini pengunjung dapat menikmati beragam produk dari mangrove berupa kopi mangrove, jus mangrove serta pupur atau bedak yang diproduksi oleh kelompok sadar wisata (pokdarwis).

Ada lima destinasi wisata yang potensial dikembangkan di IKN Nusantara, Kalimantan Timur. Apa saja?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close