Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Ada Apa Dengan PT Freeport Indonesia dan Blok Wabu Sampai Mahasiswa jadi Seperti Itu?

Jumat, 09 April 2021 – 10:10 WIB
Ada Apa Dengan PT Freeport Indonesia dan Blok Wabu Sampai Mahasiswa jadi Seperti Itu? - JPNN.COM
Mahasiswa saat menggelar aksi di kampus dua Universitas Cenderawasih di Perumnas 3 waena, Rabu, (7/4). Foto: Noel/Cepos

jpnn.com, JAYAPURA - Solidaritas Mahasiswa Papua meminta pemerintah segera menutup PT. Freeport Indonesia.

Ratusan mahasiswa dari Universitas Indonesia itu juga meminta Gubernur Papua mencabut izin Blok Wabu karena dianggap tidak memberi manfaat bagi masyarakat Papua.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Uncen Jayapura, Yops Itlay mengatakan, selama ini kehadiran Freeport di Papua sudah banyak menguras sumber daya alam, namun tidak memberi manfaat bagi orang asli Papua.

"Segera hentikan kontrak karya Freeport. Banyak kekayaan yang diambil dari tanah Papua, tetapi tidak pernah ada dampak bagi rakyat Papua,” kata Yops dalam unjuk rasa di Uncen, Rabu (7/4) lalu, seperti dikutip dari Ceposonline.

Di mengatakan, Freeport sudah banyak mengambil dari Papua, tetapi tidak menjamin kehidupan rakyat Papua.

"Kami minta pemerintah menghentikan kontrak karya dan tidak usah membuka tambang baru di Blok Wabu. Usaha untuk membuka tambang di Blok Wabu harus dihentikan,” katanya.

Di tempat yang sama, Korlap Aksi Demo, Gerson Pigay juga meminta Gubernur Provinsi Papua segera mencabut surat izin bloc Wabu.

Dia juga meminta PT. Freeport, pemerintah pusat dan provinsi ketika memperpanjang kontrak PT. Freeport harus bertanya kepada masyarakat pemilik hak ulayat, tidak seenaknya.