Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ada Indikasi SBY Ingin Copot Sultan HB X

Kamis, 02 Desember 2010 – 06:26 WIB
Ada Indikasi SBY Ingin Copot Sultan HB X - JPNN.COM
Aksi warga Jogja mendukung pengisian kursi gubernur DIY dengan penetapan. Foto: Radar Jogja/JPPhoto
JAKARTA - Pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menyebut bahwa sistem pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak mungkin monarki, karena bertabrakan dengan konstitusi dan nilai demokrasi terus menuai kritik. Sejumlah kalangan menilai, ada indikasi SBY memang menghendaki Sultan Hamengkubuwono X segera diganti.

           

“Statemen itu memang sarat dengan nuansa politis yang sangat kuat. Indikasinya untuk mengganti Sultan,” kata Wakil Ketua DPD RI Laode Ida di gedung parlemen, Rabu (1/12).

Menurutnya, dengan mengarahkan sistem pemilihan gubernur  menjadi dipilih langsung dan mengintervensi ketentuan Keraton Jogjakarta, memang akan sangat terbuka bagi kekuatan politik tertentu untuk  memasukkan nama baru sebagai calon pengganti Sultan HB X. Terkait hal ini Laode bahkan berani menyebut nama GBPH Prabukusumo, yang tak lain merupakan adik kandung Sultan HB X, sebagai di antara nama yang sudah dipersiapkan untuk menggusur Sultan HB X.

“Bisa jadi SBY ingin menggantikan posisi Sultan oleh adiknya yang sekarang jadi Ketua DPD Demokrat Yogyakarta,” paparnya. Mengacu pada analisa ini, sangat wajar memang jika posisi Sultan yang sekaligus merangkap Gubernur DIY saat ini menjadi cukup seksi untuk diperebutkan.

JAKARTA - Pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menyebut bahwa sistem pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak mungkin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close