Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ada Usulan Buat Pemerintah Jika Penyebaran COVID-19 Makin Memburuk

Kamis, 08 Juli 2021 – 13:37 WIB
Ada Usulan Buat Pemerintah Jika Penyebaran COVID-19 Makin Memburuk - JPNN.COM
Dokumentasi: Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattaliti (kanan) berdiskusi dengan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko (kiri) di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. ANTARA/HO-Dokumentasi Ketua DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menilai pemerintah perlu menyiapkan skenario terbaru penanganan COVID-19 jika kondisi yang ada makin memburuk.

LaNyalla berharap skenario tersebut dapat menjawab persoalan nantinya.

“Jika penyebaran terus melonjak, tidak menutup kemungkinan penyebaran COVID-19 mencapai angka 40.000 kasus per hari. Jika demikian, tentu saja Indonesia akan menghadapi hal terburuk."

"Untuk itu dibutuhkan skenario baru, termasuk mungkin membuka bantuan negara-negara tetangga,” ujar LaNyalla sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis (8/7).

Sejak Indonesia mengumumkan kasus pertama COVID-19 tahun lalu, pemerintah telah membuka hibah dari negara lain, terutama terkait pengiriman bantuan alat pelindung diri, ventilator dan vaksin.

Negara-negara yang memberi bantuan ke Indonesia, antara lain Korea Selatan, Jepang, Singapura, Amerika Serikat, Belanda dan Australia.

Terkait dengan kerja sama di kawasan, LaNyalla menyampaikan pemerintah seharusnya membentuk rencana penanggulangan pandemi bersama negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

“Penyebaran dan penularan COVID-19 dalam satu kawasan tidak dapat dikendalikan sendiri-sendiri. Tetapi, harus bersama-sama ditangani secara global,” terang LaNyalla.

Bagaimana skenario yang disiapkan jika penyebaran COVID-19 malah makin memburuk? Ada usulan nih buat pemerintah.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close