Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ada Wacana Pertalite Dihilangkan, PKS Berkomentar, Keras

Sabtu, 02 September 2023 – 06:22 WIB
Ada Wacana Pertalite Dihilangkan, PKS Berkomentar, Keras - JPNN.COM
Wacana penggantian BBM jenis Pertalite dengan Pertamax Green 92 awal 2024 mendapatkan sorotan dari berbagai pihak. Ilustrasi Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Wacana penggantian BBM jenis Pertalite dengan Pertamax Green 92 awal 2024 mendapatkan sorotan dari berbagai pihak.

Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menilai rencana itu masih perlu dikaji lebih dalam karena menyangkut aspek teknis, keekonomian, dan besaran subsidi untuk produksi serta distribusi.

Lagi pula hingga kini, DPR dan pemerintah belum pernah membicarakan rencana tersebut.

"Aneh bila tiba-tiba beredar wacana penggantian BBM murah bagi masyarakat tersebut. Setahu saya hingga kini belum ada pembahasan terkait rencana Pemerintah menghapus Pertalite lalu menggantinya dengan Pertamax Green 92 pada 2024. Dalam RDP Rabu (30/8/2023) itu tidak ada pembahasan kebijakan mengganti BBM Pertalite dengan Pertamax Green 92," kata Mulyanto, Jumat (1/9).

Mulyanto menerangkan pada RDP tersebut Pertamina hanya menyampaikan kajian terkait peningkatan produksi dan distribusi Pertamax green 95 dan juga Pertamax green 92.

Implementasi Pertamax green 92 sendiri, kelihatannya masih memerlukan waktu, karena banyak aspek yang harus diperjelas dan dimantapkan, termasuk volume dan sumber ethanol, serta insentif impor yang dibutuhkan.

"RDP tersebut sama sekali tidak membahas kebijakan untuk mengganti Pertalite dengan Pertamax green 92. Karena Pertamina kan hanya operator bukan regulator.

Pertamina tidak memiliki kewenangan untuk merumuskan, membahas dan menetapkan kebijakan terkait subsidi BBM. Paling-paling Pertamina hanya memberi usul atau masukan kepada Pemerintah atau Komisi VII DPR RI," tegas Mulyanto.

Wacana penggantian BBM jenis Pertalite dengan Pertamax Green 92 awal 2024 mendapatkan sorotan dari berbagai pihak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close