Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Adu Tos dengan PM Shtayyeh, Ini Janji Jokowi ke Palestina

Selasa, 02 November 2021 – 06:45 WIB
Adu Tos dengan PM Shtayyeh, Ini Janji Jokowi ke Palestina - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo menemui Perdana Menteri (PM) Palestina Mohammad Ibrahim Shtayyeh di sela-sela pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemimpin Dunia COP26 di Scottish Event Campus, Glasgow, Skotlandia, Senin (1/11). Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menemui Perdana Menteri (PM) Palestina Mohammad Ibrahim Shtayyeh di sela-sela pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemimpin Dunia COP26 di Scottish Event Campus, Glasgow, Skotlandia, Senin (1/11).

Pria yang akrab disapa Jokowi itu menyampaikan bahwa komitmen Indonesia tidak berubah.

Indonesia akan terus mendukung perjuangan Palestina menjadi negara yang merdeka, berdaulat penuh, dan dapat menentukan nasibnya sendiri dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kota negaranya.

"Palestina selalu menjadi perhatian penting bagi Indonesia," ucap Presiden Jokowi.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan sejumlah hal yang menjadi perhatian Indonesia terkait Palestina kepada PM Shtayyeh.

Jokowi menyampaikan Indonesia sangat prihatin dan mengecam berbagai pelanggaran yang terus dilakukan Israel.

Oleh karena itu, Indonesia mengusulkan pembentukan misi internasional sebagai mata dan telinga bagi dunia atas berbagai insiden yang terjadi di Yerusalem.

"Indonesia dalam berbagai kesempatan mengusulkan pembentukan misi internasional di Yerusalem untuk memastikan keamanan dan keselamatan warga di wilayah pendudukan dan terjaganya status Yerusalem sebagai kota suci untuk tiga agama," ungkapnya.

Selain itu, kata Jokowi, Indonesia juga mendorong negosiasi multilateral yang kredibel. Dia ingin mendorong Kuartet Internasional untuk memulai kembali negosiasi perdamaian sesuai parameter internasional guna mencapai solusi dua negara yang dapat hidup berdampingan secara damai.

"Saya pastikan bahwa Indonesia tetap dan terus mendukung perjuangan Palestina di berbagai forum Internasional seperti PBB, OKI, dan GNB," ujar presiden.
  
Kemudian, eks Wali Kota Solo itu menerangkan persatuan Palestina turut menjadi perhatian Indonesia dan menjadi sangat penting bagi perjuangan Palestina.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Duta Besar RI untuk Inggris, merangkap Irlandia dan International Maritime Organization Desra Percaya. (tan/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Presiden Joko Widodo menemui Perdana Menteri Palestina Mohammad Ibrahim Shtayyeh di Glasgow. Presiden menyampaikan komitmen Indonesia untuk Palestina di kancah internasional.

Redaktur : Elvi Robia
Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close