Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Agar Abadi, Tetaplah Menjadi Bintang di Langit

Rabu, 13 Maret 2013 – 13:25 WIB
Agar Abadi, Tetaplah Menjadi Bintang di Langit - JPNN.COM
Sehari di Jogja, Menko Perekonomian Hatta Rajasa membuka Kongres PPPI (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia) di Royale Ambarrukmo Hotel, kuliah umum di kampus UGM, dan orasi budaya di Candi Prambanan. Foto: Setyaki/Radar Jogja
Jarang sekali berjumpa momentum duduk santai di atas tikar, sambil menyantap mie rebus khas Pak Tele bersama Menko Perekonomian Hatta Rajasa. Suasana di sudut Alun-Alun Utara Jogjakarta itu pun berubah menjadi ceria, kaya canda dan penuh tawa. Bagi spesialis wisatawan kuliner, mie godhog –sebutan mie rebus ala Jogja- dan mie nyemeg –direbus kental kuahnya sedikit--, di situ termasuk paling dahsyat di dunia.
 
Wow! Paling sensasional di dunia? Boleh dirasa, kalau kebetulan sedang menikmati  Kota Budaya dan Kota Pendidikan, Jogjakarta itu. Posisinya mudah diingat, gampang diakses, dan titik koordinatnya cepat dimengerti. Tanpa harus membuka GPS, tanpa mendownload google map, Anda pasti langsung ngeh! Pokoknya persis di sudut alun-alun utara sebelah kanan kalau Anda berdiri di Bangsal Pagelaran dan Siti Hinggil, Keraton Ngayogyokarto Hadiningrat. Samping pintu berpagar besi vertikal, di sebelah pohon beringin.

Jika Anda berkendara dari ujung Malioboro, view sebelah kiri ada Benteng Vredeburg dan sayap kiri ada Gedung Agung –mantan Istana Negara di era Republik Indonesia Serikat (RIS)—dari jalan yang paling legendaris di Jogja itu, ambil posisi lurus. Bertemu bangjo (baca: traffic light) di perempatan  Jl KH Ahmad Dahlan dan Jl Senopati, lurus saja, menuju Jl Trikora, yang berakhir di Alut (Alun-alun Utara). Dari tepian Alut itu, kaki lima spesialis mie godhog itu persis di arah jam 11.00. Belok kiri, mengitari lingkaran alun-alun, lalu belok ke kanan lagi, mentok sampai di ujung yang segaris dengan Bangsal Pagelaran Keraton.

Di situlah Menko Perekonomian Hatta Rajasa berkesempatan duduk bersila di atas tikar bersama masayarakat umum di Kota Gudeg itu. Ketua Umum PAN yang lahir di Palembang, Sumsel, 18 Desember 1953 itu mencicip mie godhog dan nasi goreng khasnya. Juga menyeruput wedang ronde hangat dan teh tawar hangat gaya Jogja, yang kental dan nendang. Apa komentarnya? “Enak.. Enak banget. Gurih, khas!” jawab pria yang pernah menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara (2007-2009), Menteri Perhubungan (2004-2007), dan Menteri Negara Riset dan Teknologi (2001-2004) ini.

Pengamen tetap di situ pun kecipratan rezeki. Dia diminta memainkan gitar melodi dan ceilo bas betot besarnya. Tanpa sound system, tanpa stage, tanpa gemerlap lampu-lampu efek, suasana menjadi lebih cair, lebih nyaman, dan lebih menyatu dengan atmosfer Jogja yang kreatif. Eros Djarot yang ikut makan malam bersama rombongan Hatta Rajasa itu pun tanpa ragu-ragu mengedarkan kotak saweran. “Ayo-ayo.. mari-mari.. Ini untuk dia (baca: si pengamen),” ucap Eros yang juga seniman, sutradara dan pencipta lagu itu.

Jarang sekali berjumpa momentum duduk santai di atas tikar, sambil menyantap mie rebus khas Pak Tele bersama Menko Perekonomian Hatta Rajasa. Suasana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close