Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Agar Remaja Lebih Saling Peduli

Selasa, 16 Oktober 2018 – 14:17 WIB
Agar Remaja Lebih Saling Peduli - JPNN.COM
FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Agar remaja tidak salah pergaulan, Dinas Pendidikan Surabaya mengadakan kembali program Konselor Sebaya. Kemarin (15/10) program Konselor Sebaya yang dihelat tiap tahun sejak 2012 itu dilaksanakan di lima titik wilayah Surabaya. Di kawasan utara, program tersebut dilangsungkan di SMPN 11. Ada sekitar 210-230 siswa yang ikut serta. Mereka berasal dari berbagai 20 SMP negeri dan swasta di wilayah Surabaya Utara.

Fasilitator dari LSM Plato Surabaya Nanang Abdul Khanan menyatakan, tahun ini materi atau modul yang disampaikan kepada para siswa bertambah. Yakni, ditambah teknik komunikasi. ''Ini supaya anak lebih enjoy ketika berbicara dengan sesama temannya,'' ujarnya.

Meski tidak banyak, masih ada persepsi yang muncul. Yakni, para siswa yang tergabung dalam Konselor Sebaya masih dianggap sebagai mata-mata para guru bimbingan dan konseling (BK). ''Padahal, BK sebenarnya sahabat bagi siswa,'' katanya. Sejak lama para murid menganggap BK identik dengan momok. Jika berurusan dengan BK, mereka dianggap bermasalah dan ujung-ujungnya orang tua dipanggil. Dua hal yang paling ditakuti para siswa.

Tantangan tahun ini, lanjut dia, membangun hubungan antara sekolah dan orang tua. Terutama dalam mencegah atau menyelesaikan permasalahan yang dihadapi anak. Dia mencontohkan cutting challenge yang mengemuka beberapa waktu lalu. Tantangan berbahaya melalui grup-grup media sosial itu sempat menerpa para siswa. ''Kejadian tersebut semestinya bisa diidentifikasi sebelumnya sehingga tidak menunggu korban dan bisa dicegah,'' tuturnya.

Sesama siswa bisa saling curhat. Dengan begitu, mereka bisa mencari perlindungan dan solusi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close