Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Agar Tidak Muncul Komplikasi, Penderita Diabetes Wajib Atur Pola Makan

Selasa, 03 November 2020 – 17:10 WIB
Agar Tidak Muncul Komplikasi, Penderita Diabetes Wajib Atur Pola Makan - JPNN.COM
Ilustrasi logo diabetes. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - APAKAH Anda mencoba mencegah atau mengontrol diabetes, kebutuhan nutrisimu hampir sama dengan orang lain, jadi tidak diperlukan makanan khusus.

Namun, Anda wajib mengatur pola makan, yakni mencakup jumlah dan jenis hidangan yang disantap agar kadar gula darah tetap stabil.

Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah munculnya komplikasi seperti serangan jantung, stroke, gagal ginjal hingga infeksi kaki yang berat.

Ketua Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI), Prof. Dr. Ketut Suastika mengatakan ada rumus khusus yang didasarkan pada berat badan masing-masing orang untuk mengetahui jumlah asupan nutrisi tepat.

Ini biasanya memerlukan konsultasi dengan ahli nutrisi.

" Jumlah itu ada hitung-hitungan dengan berat badan ideal, ada beberapa rumus sederhana," kata dia di sela acara virtual bertema diabetes, Selasa.

" Kita hitung dulu kalorinya. Orang yang biasa aktivitasnya tidak terlalu tinggi, kita berikan jumlah kalori bisa 25-30 kalori per kilogram berat badan. Idealnya hitung dulu," jelas Prof. Suastika.

Namun secara umum, dari aspek jenis yakni makronutrien seperti karbohidrat, lemak dan protein tetap harus masuk dalam menu makanan mereka.