Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ahli BPPT Cek Ketahanan Ampera

Jumat, 15 Oktober 2010 – 14:49 WIB
Ahli BPPT Cek Ketahanan Ampera - JPNN.COM
Tim BPPT Pusat cek beton Jembatan Ampera pasca terbakar. Foto: Sumatera Ekspres/JPNN
PALEMBANG - Terbakarnya bagian bawah jembatan Ampera dikhawatirkan bisa berdampak buruk pada daya tahan jembatan yang terletak di tengah Kota Palembang, Sumatera Selatan. Tim ahli dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) turun langsung ke lokasi kejadian untuk mengecek material beton jembatan Ampera. Pengecekan menggunakan metode portable ultasonic non-destructive irrigation test.

Kebakaran jembatan itu merupakan imbas dari terbakarnya ratusan kios pedagang kaki lima di bawah jambatan yang berdiri di atas Sungai Musi tersebut. Saat kebakaran enam hari lalu, api cepat menjalar ke seluruh bangunan, karena kios di bawah Ampera terbuat dari bahan yang mudah terbakar. Ditaksir kerugian mencapai Rp500 juta.

Hingga Jumat (15/10), tim BPPT masih bekerja meneliti kondisi jembatan Ampera. Pantauan Sumatera Ekspres (Group JPNN), tim pemerintah pusat itu mengecek kekuatan beton dan mengecek kondisinya secara umum. Apalagi, jembatan itu sudah ada sejak zaman perang melawan penjajah. Ketika itu, jembatan Ampera bisa diangkat bila kapal akan melewati sungai di bawah jembatan.

"Kondisi yang dicek antara lain data tentang waktu tempuh gelombang ultrasonic ke dalam beton. Kami ingin mengetahui apakah terjadi degredasi pada beton Jembatan Ampera. Setelah data didapat, kami akan olah di laboratorium, Balitbangda Pusat," kata Sudarman, pimpinan tim BPPT itu.

PALEMBANG - Terbakarnya bagian bawah jembatan Ampera dikhawatirkan bisa berdampak buruk pada daya tahan jembatan yang terletak di tengah Kota Palembang,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close