Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Ahok Dampingi Jokowi Meninjau Kilang Petrokimia di Tuban, Ini Hasilnya

Sabtu, 21 Desember 2019 – 19:22 WIB
Ahok Dampingi Jokowi Meninjau Kilang Petrokimia di Tuban, Ini Hasilnya - JPNN.COM
Presiden Jokowi bersama Komut Pertamina Ahok meninjau Kilang PT TPPI di Tuban, Jawa Timur, Sabtu (21/12). Foto: BPMI Setpres

jpnn.com, TUBAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Sabtu (21/12).

Kawasan TPPI tersebut akan dikembangkan menjadi industri petrokimia nasional yang menghasilkan beragam produk turunan petrokimia dan produk Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Ini kilang TPPI Trans Pacific Petrochemical Indotama. Salah satu kilang yang terbesar di negara kita," kata Jokowi yang dalam kunjungan kerja itu didampingi Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Jokowi menyebutkan, kilang tersebut dapat menghasilkan produk aromatik, baik para-xylene, ortho-xylene, bensin, toluene, heavy aromatic, dan juga penghasil BBM, premium, pertamax, elpiji, solar, kerosene. "Ini bisa untuk semuanya," kata Jokowi.

Melihat besarnya potensi kilang tersebut, Jokowi langsung menyampaikan kepada Menteri BUMN Erick Thohir, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, maupun Ahok untuk segera menyelesaikan kilang yang sudah ditunggu-tunggu.

"Tadi saya sampaikan kepada Menteri BUMN, Dirut Pertamina, dan Komut Pertamina agar tidak lebih dari tiga tahun harus rampung semuanya. Mintanya tadi empat tahun, tiga tahun harus rampung semuanya," ungkap Presiden.

Dia menyerahkan bentuk penyelesaiannya, apakah dalam bentuk kerja sama, atau kekuatan sendiri. Menurut Jokowi, ada pilihan-pilihan yang bisa diputuskan segera.

"Tapi saya minta nanti di bulan Januari sudah ada kejelasan mengenai ini, karena ini saya tunggu sudah lima tahun," katanya.

loading...