Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

AHY Ditunjuk Jadi Waketum, Begini Kritik Pendiri dan Deklarator Partai Demokrat

Jumat, 11 Oktober 2019 – 17:27 WIB
AHY Ditunjuk Jadi Waketum, Begini Kritik Pendiri dan Deklarator Partai Demokrat - JPNN.COM
Agus Harimurti Yudhoyono. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pendiri sekaligus Deklarator Partai Demokrat Sahat Saragih mengkritik penunjukan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Wakil Ketua Umum Demokrat. Sebab, kata Sahat, penunjukan tersebut tidak melalui mekanisme yang diatur partai.

"Iya tidak melalui mekanisme. Kalau menurut organisasi tidak melalui mekanisme yang benar," kata Sahat saat dihubungi JPNN, Jumat (11/6).

Sahat menuturkan, pemilihan Waketum Demokrat perlu melalui mekanisme Rakernas dan Rapimnas. Pemilihan Waketum Demokrat tidak bisa melalui mekanisme penunjukan langsung Ketua Umum.

"Tidak bisa. Ketua umum tidak diberikan hak dalam AD/ART untuk menentukan perubahan organisasi. Kalau ada mekanismenya, siapapun ketua umumnya, AD/ART harus dijalankan," ungkap dia.

Lagi pula, kata Sahat, AHY ialah sosok baru di partai. Seharusnya Demokrat bisa menghargai kaderisasi di internal tanpa mengistimewakan AHY yang notabene sebagai putra dari Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

"AHY, kan, itu kader baru. Masa orang baru datang, terus tiba-tiba sudah menjadi Waketum partai," timpal dia.

Sahat berencana memprotes secara internal atas penunjukan AHY sebagai Waketum Demokrat. Protes akan dilayangkannya dalam kongres partai berlambang Mercy itu pada Mei 2020.

Sebelumnya AHY resmi memiliki jabatan baru di Partai Demokrat. Kini AHY menjabat Wakil Ketua Umum Demokrat setelah sebelumnya menjabat Komandan Kogasma Demokrat.

Pendiri sekaligus Deklarator Partai Demokrat Sahat Saragih mengkritik penunjukan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Wakil Ketua Umum Demokrat. Sebab, kata Sahat, penunjukan tersebut tidak melalui mekanisme yang diatur partai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close