Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Air Kemasan Galon Isi Ulang Aman untuk Janin? Ini Pendapat Dokter Boyke & Ahli Kandungan

Rabu, 02 Agustus 2023 – 08:14 WIB
Air Kemasan Galon Isi Ulang Aman untuk Janin? Ini Pendapat Dokter Boyke & Ahli Kandungan - JPNN.COM
Para praktisi kesehatan yang khusus membidangi kandungan dan kebidanan memastikan bahwa air minum kemasan galon isi ulang tidak membahayakan kesehatan janin. Foto: dok. Danone Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Para praktisi kesehatan yang khusus membidangi kandungan dan kebidanan memastikan bahwa air minum kemasan galon isi ulang tidak membahayakan kesehatan janin.

Menurut dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Kebidanan dan Kandungan, dr. H. Muh. Natsir Nugroho, Sp.OG, M.Kes, janin dalam rahim ibu hamil membutuhkan makanan seimbang, baik protein, karbohidrat, dan lemaknya agar perkembangannya menjadi sehat. Kemudian dari minumnya juga harus terjaga betul.

“Kalau mau minum jangan minuman mentah, tetapi minum air yang sudah matang. Air yang terlalu tinggi iodiumnya juga tidak boleh dikonsumsi ibu hamil karena bisa memengaruhi kesehatan janin dalam kandungannya,” ujar dokter Natsir dalam keterangannya, Rabu (2/8).

Dia mengatakan air minum yang paling aman untuk kesehatan janin adalah air minum dalam kemasan. Hal itu disebabkan air mineral kemasan itu rasanya itu sudah dikontrol oleh laboratorium pabrik dan laboratorium kesehatan.

Jadi, ujarnya, yang mengatakan air minum kemasan galon isi ulang itu membahayakan kesehatan itu tidak benar sama sekali.

"Sejauh ini, belum ada kasus yang terjadi di masyarakat yang membenarkan hal itu. Itu cuma mitos saja,” ucapnya.

Selain faktor makanan dan minuman, yang bisa mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan itu adalah faktor lingkungan yang tidak membuat ibunya menjadi stres. Kemudian juga faktor kesehatan ibunya sendiri.

Dokter Natsir mencontohkan seorang ibu penderita diabetes.

Dokter Boyke dan sejumlah praktisi kesehatan ahli kandungan menjelaskan mengenai aman tidaknya air kemasan galon isi ulang untuk janin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close