Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Airlangga Ingatkan Perubahan Iklim Jadi Salah Satu Ancaman Perekonomian

Rabu, 11 Mei 2022 – 14:08 WIB
Airlangga Ingatkan Perubahan Iklim Jadi Salah Satu Ancaman Perekonomian - JPNN.COM
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Wenti Ayu/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan risiko yang terjadi akibat cuaca panas akhir-akhir ini.

Pasalnya, cuaca dan suhu udara yang panas berisiko tinggi memicu terjadinya kebakaran hutan, bahkan mengancam perekonomian.

Menurut Airlangga, Asia Tenggara merupakan salah satu daerah yang berisiko tinggi terhadap pemanasan global sehingga bisa menjadi ancaman baru setelah pandemi.

"Climate economic index itu juga menunjukan Indonesia sangat rentan masuk dalam musim kemarau nanti. Risiko kebakaran hutan perlu kita waspadai," ujarnya dalam diskusi Green Economy Indonesia Summit 2022, Rabu (11/5).

Menghadapi situasi tersebut, Airlangga mengatakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sudah melakukan berbagai persiapan, salah satunya menghadapi risiko kebakaran hutan.

"Dunia tidak punya pemadam kebakaran di tahun 1930. Namun, dengan risiko yang ada, sekarang seluruhnya punya pemadam kebakaran," kata Airlangga.

Menurut Airlangga, kondisi ini sama seperti menghadapi pandemi.

"Jadi kita sebetulnya punya tentara untuk kebakaran hutan, dan juga punya tentara untuk penanganan pandemi. Ini kan satu hal sama yang dilakukan," ucapnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan risiko yang terjadi akibat cuaca panas akhir-akhir ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close