Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
#sumpahpemuda92,#bersatudanbangkit
#sumpahpemuda92 #bersatudanbangkit

Airlangga Sampaikan Data yang Bisa Bikin Gembira

Sabtu, 19 September 2020 – 07:24 WIB
Airlangga Sampaikan Data yang Bisa Bikin Gembira - JPNN.COM
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: arsip JPNN.COM/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah optimistis dengan melakukan optimalisasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) maka dalam waktu dekat aktivitas ekonomi di tanah air akan membaik. 

Salah satu indikatornya yakni surplus perdagangan pada bulan Agustus 2020 yang mencapai USD 2,3 miliar atau sekitar Rp 33,7 triliun. 

Menyitat data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, surplus perdagangan terjadi dalam empat bulan berturut-turut, didorong surplus nonmigas sebesar USD 2,66 miliar dan defisit migas minus USD 0,34 miliar.

Selain itu, neraca perdagangan mulai dari bulan Januari hingga Agustus 2020 juga mengalami peningkatan berlebih sebesar USD11,05 miliar atau sekitar Rp161,5 triliun. 

“Ekspor pertanian sepanjang Januari hingga Agustus 2020 tumbuh 8,59 persen, terutama ekspor buah-buahan. Jadi hortikultura sudah menjadi bagian dari ekspor Indonesia,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (18/9). 

Lebih lanjut Menko Airlangga mengatakan, saat ini sejumlah indikator juga sudah mulai memperlihatkan sinyal positif tentangperbaikan aktivitas ekonomi.

Hal tersebut terlihat pada sektor purchasing manager's index (PMI) manufaktur, indeks keyakinan konsumen, penjualan ritel, penjualan kendaraan bermotor, saldo bersih tertimbang (SBT) investasi, dan inflasi inti.

Saat ini, kata Ketua Umum Partai Golkar itu, PMI Manufaktur Indonesia sudah melebihi rata-rata standar, yakni di atas angka 50, padahal sebelumnya pernah mengalami penurunan signifikan ke angka 27,5 pada saat PSBB awal pandemi. 

loading...