Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mewakili Jokowi di Asia Business Councils, Airlangga: Inflasi Tetap Terkendali

Kamis, 18 April 2024 – 23:09 WIB
Mewakili Jokowi di Asia Business Councils, Airlangga: Inflasi Tetap Terkendali - JPNN.COM
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mewakili Presiden Jokowi di acara Asia Business Council's 2024 Spring Forum mengatakan inflasi tetap terkendali. Foto: Kemenko Perekonomian.

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan perekonomian Indonesia mampu tumbuh sebesar lima persen selama delapan kuartal terakhir secara berturut-turut, di tengah kondisi perekonomian global yang masih tidak stabil.

Airlangga yang hadir mewakili Presiden Joko Widodo dalam acara Asia Business Council's 2024 Spring Forum juga mengatakan inflasi hingga saat ini masih terkendali, meski konflik yang terjadi di kawasan Timur Tengah diperkirakan akan memengaruhi rantai pasok beberapa komoditas ekspor dan impor di dunia.

"Kami memperkirakan perekonomian Indonesia akan tumbuh di atas 5 persen pada 2024 dan seterusnya, dengan inflasi yang tetap terkendali. Kepercayaan investor juga masih kuat terhadap ketahanan ekonomi Indonesia,” ujar Menko Airlangga dalam forum yang bertajuk 'Developing Asia: New Engines for Growth', sebagaimana rilis yang diterima di Jakarta, Kamis (18/4).

Menurut Airlangga, hal tersebut diperlihatkan melalui keputusan berbagai lembaga pemeringkat internasional yang tetap mempertahankan Indonesia pada level Investment Grade.

Moody’s (16 April 2024) menerbitkan Baa2 Stable Outlook untuk Indonesia, serta Fitch dan JCR pada Maret 2024 memberikan peringkat BBB (stable).

Ketahanan sektor eksternal juga tetap terjaga yang ditunjukkan dengan posisi cadangan devisa tetap tinggi yaitu sebesar USD 140,4 miliar per akhir Maret 2024.

Neraca perdagangan Indonesia juga terus mencatat surplus dalam 46 bulan terakhir dan pada Februari 2024 tercatat sebesar USD 0,87 miliar.

Setelah mencapai pemulihan ekonomi yang solid dari pandemi, Indonesia juga akan terus bergerak maju untuk mencapai Visi Emas 2045.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mewakili Presiden Jokowi di Asia Business Councils mengatakan inflasi tetap terkendali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close